RSUD Ende Siapkan 7 Ruangan Isolasi Pasien Covid 19

SUD Ende saat ini telah mempersiapkan 7 ruangan isolasi guna merawat seandainya ada pasien yang terkena virus corona atau covid-19.

RSUD Ende Siapkan 7 Ruangan Isolasi Pasien Covid 19
POS KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
TINJAU/Bupati Ende, Drs Djafar Achmad meninjau RSUD Ende sebagai rumah sakit rujukan penanganan pasien virus corona. 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---RSUD Ende saat ini telah mempersiapkan 7 ruangan isolasi guna merawat seandainya ada pasien yang terkena virus corona atau covid-19.

Direktur RSUD Ende, dr Aries Dwi Lestari mengatakan hal itu saat menjawab pertanyaan Bupati Ende, Drs Djafar Achmad MM saat meninjau kesiapan RSUD Ende sebagai rumah sakit rujukan untuk pasien Covid 19 dari Kabupaten Ende, Ngada dan Nagekeo, Selasa (24/3).

Selain menyiapkan tenaga ruangan, dr Aries juga melaporkan bahwa pihaknya juga menyiapkan tenaga medis yakni perawat sebanyak 10 orang dan juga sejumlah dokter ahli atau spesialis yang ada RSUD Ende.

“Semua tenaga medis yang akan menangani pasien yang terkena virus corona sebelumnya akan menjalani pelatihan di Kupang,”kata dr Aries kepada Bupati Djafar.

Menurut dr Aries tenaga medis harus mendapatkan pelatihan secara khusus karena memang penanganan pasien covid-19 harus dilakukan secara khusus.

Cegah Virus Corona, Rumah Warga Kambajawa, Kota Waingapu Disemperoti Disinfektan, Intip YUK

Tentang kesiapan pihaknya untuk menerima pasien rujukan, dr Aries mengatakan bahwa siap dan tidak siap pihaknya memang harus siap dengan segala sumber daya yang ada di RSUD Ende.
Dalam kesempatan itu, dr Aries mengungkapkan soal minimnya alat perlindungan diri (APD) para petugas medis yang akan menangani pasien virus corona.

Di TTS, Syukuran Panen Jagung Berujung Keracunan Massal

Menanggapi hal tersebut, Bupati Ende, Drs Djafar Achmad meminta Direktur RSUD Ende untuk mendata kebutuhan peralatan termasuk Alat Pelindung Diri (APD) untuk bisa diintervensi anggarannya.
Untuk diketahui pada, Selasa (24/3) Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Achmad, MM memantau kesiapan Rumah Sakit Umum Ende sebagai salah satu Rumah Sakit rujukan penanganan covid 19 atau virus Corona.

Ikut dalam pemantuan itu Dandim 1602, Letkol Inf Fuad Suparlin Ended an Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kosmas Nyo, SH serta Kadis Perhubungan, Mustaqim Mberu dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Sebas Bele dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pada Setda Ende, Ignas Gharu.

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved