Festival Istana Ular di Manggarai Barat Digelar September 2020

Festival Istana Ular akan digelar pada Bulan September 2020 mendatang di Desa Galang, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat

Festival Istana Ular di Manggarai Barat Digelar September 2020
ISTIMEWA/Foto dari Kepala Desa Galang, Ari Samsung
Mulut Gua Istana Ular 

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Festival Istana Ular akan digelar pada Bulan September 2020 mendatang di Desa Galang, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Kepala Desa Galang Ari Samsung, menjelaskan bahwa pihaknya sedang melakukan persiapan, termasuk pawang untuk memanggil sejumlah ular dari dalam Gua Istana Ular.

Dijelaskannya, Festival Istana Ular tidak hanya berkaitan langsung dengan Istana Ular tetapi juga akan ada kegiatan lain untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa itu.

Kepala SMAN 1 Kupang Berterimakasih Kepada Gubernur NTT, Ternyata Ini yang Diterima Sekolah

"Saat ini kami sedang intens berdiskusi dengan Suku Ronggot terkait tata cara dan model acara di Istana Ular. Hal lainnya yaitu, sedang mencari sponsor untuk pendanaan karena dana dari alokasi APBDes sangat terbatas dan kecil. Maka perlu dicarikan sumber pendanaan lain. Semoga saja akan ada yang bantu," kata Ari.

Dia menyampaikan bahwa keberadaan Ular Merah dan Ular Putih sebesar tubuh manusia di dalam gua itu menjadi salah satu daya tarik yang akan dinarasikan saat festival berlangsung.

Inilah Data Sebaran ODP Corona di NTT

"Selain ular putih sebesar tubuh manusia, ada juga ular merah. Menurut warga yang pernah melihat langsung, mereka mendapatkan ular merah besar itu saat tidak sengaja mengarahkan penerang senter ke salah satu sudut gua. Saat terkena cahaya, ular merah itu langsung membuka mulutnya tetapi tidak mengancam warga," kata Ari.

Dari pusat desa ke gua tersebut pengunjung bisa merasakan kesegaran udara bersih sambil menikmati suasana alam yang diiringi bunyi aliran air sungai dan bunyi burung-burung.

Gua itu berada di lembah tepat di pinggir sungai sehingga pengunjung melewati jalan yang menurun namun sudah ditata rapi dengan sejumlah anak tangga.

Selain Gua Istana Ular, sawah-sawah warga dan kebun yang dipenuhi berbagai tanaman pertanian seperti kemiri menjadi daya tarik tersendiri.

Saat ini Desa Galang menjadi salah satu obyek pariwisata yang sering dikunjungi wisatawan, bukan hanya karena Istana Ular saja tetapi keindahan alam desa itu memberi kepuasan bagi pengunjung. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Servatinus Mammilianus)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved