Jenis Makanan Yang Penting Jadi Stok Saat Social Distancing di Rumah

Masyarakat bisa memilah bahan-bahan makanan mana saja yang diperlukan untuk disimpan sebagai stok di rumah

Jenis Makanan Yang Penting Jadi Stok Saat Social Distancing di Rumah
freepik.com
Ilustrasi memasak 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Sejak pemerintah mengimbau masyarakat melakukan pembatasan sosial atau social distancing dengan berada di rumah saja, banyak orang yang khawatir dan membeli bahan makanan berlebihan.

Padahal, sebetulnya masyarakat bisa memilah bahan-bahan makanan mana saja yang diperlukan untuk disimpan sebagai stok di rumah.

"Orang kan banyak yang kepikiran makannya saja, tapi kan kualitasnya harus bagus juga," demikian diungkapkan Chef Yuda Bustara ketika dihubungi, Kamis (19/3/2020).

Untuk mempermudah memilih bahan makanan yang diperlukan dan tidak melakukan panic buying, chef Yuda menyarankan kita mempersiapkan tiga jenis makanan berikut:

1. Karbohidrat'

Karbohidrat menjadi satu dari tiga komponen paling penting yang harus ada dalam setiap menu makanan kita. Ingatlah bahwa karbohidrat tak hanya nasi putih, sehingga kamu tidak perlu memborong banyak beras untuk disimpan di rumah.

"Kita punya banyak opsi jadi enggak perlu panic buying. Beras juga bisa diganti kentang, pasta, singkong, mie, dan lainnya," kata dia.

2. Protein

Telur merupakan sumber protein yang paling mudah didapatkan dan juga murah. Kamu juga bisa membeli beberapa opsi daging kalengan, misalnya tuna atau kornet agar bisa disimpan lebih lama.

Namun, jangan ragu jika ingin membeli daging segar, misalnya daging sapi atau ayam, karena kamu tetap bisa menyimpannya dengan cara dibekukan.

Halaman
12
Editor: Hermina Pello
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved