Antisipasi Gagal Panen, Wabup Sumba Barat Minta Warga Manfaatkan Sawah Tanam Umbi-Umbian

Antisipasi gagal panen, Wabup Sumba Barat minta warga manfaatkan sawah tadah hujan tanam umbi-umbian

POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Wabup Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, S.P 

Antisipasi gagal panen, Wabup Sumba Barat minta warga manfaatkan sawah tadah hujan tanam umbi-umbian

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK - Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat ( Wabup Sumba Barat), Marthen Ngailu Toni, S.P mengimbau para petani memanfaatkan lahan sawah tadah hujan untuk menanam umbi-umbian, kacang dan sayur-sayuran mengingat hujan turun tidak normal pada musim tanam kali ini.

Coba lihat lahan persawahan tadah hujan sekeliling Kota Waikabubak yang sebagian tidak diolah karena hujan terbatas. Akibatnya warga membiarkan telantar begitu saja.

Siswi SMAS Katolik St John Paul II Maumere Juara Kompetisi Sains Rayon Flores-Lembata

Mestinya pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian Sumba Barat melalui tenaga penyuluh lapangan (ppl) mendorong petani mengolah lahan sawah tadah hujan tersebut dengan menanam umbi-umbian, kacang dan sayur-sayuran. Jangan biarkan telantar begitu saja. Sebab secara ekonomis tanaman alternatif tersebut memberi keuntungan bagi petani untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, S.P menyampaikan hal itu di Waikabubak, Kamis (19/3/2020)

Keterangan Berputar Putar, Hakim Sidang Kredit Fiktif Bank NTT Minta Saksi Baca Ulang BAP

Menurut Wakil bupati Marthen Ngailu Toni, berdasarkan hasil pemantauan lapangan, hanpir semua petani gagal tanam pada musim tanam kalo ini. Dampaknya petani terancam mengalami kelaparan.

Karena itu selaku pemerintah kabupaten Sumba Barat mestinya sudah mempertimbangkan dengan matang keputusan yang diambil demi menyelamatkan petani (masyarakat) daerah ini. Baginya, tidak ada pilihan lain, kecuali hanya mau memanfaatkan lahan sawah tadah hujan yang tersedia dengan menanam sayur, kacang dan umbi-umbian. Warga juga didorong memanfaatkan ladang yang tersedia dengan menanam berbagai tanaman komoditi dagang yang bernilai ekonomis tinggi memanfaatkan sisa hujan yang terjadi sekarang.

Karena itu, ia menyarankan Dinas Pertanian Sumba Barat harus proaktif mendorong petani memanfaatkan lahan yang tersedia dengan menanam berbagai tanaman sebagai makanan alternatif warga. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved