Kondisi Terkini Wuhan Cina Tempat Virus Corona Pertama Kali Muncul, Limbah Masker Menumpuk

Kondisi Terkini Wuhan Cina Tempat Virus Corona Pertama Kali Muncul, Limbah Masker Menumpuk

Xinhua via SCMP
Tim medis memberikan kode kepada salah satu pasien virus corona. Dokter di Wuhan mengisahkan bagaimana suka duka mereka dalam merawat pasien yang positif terkena virus. 

POS-KUPANG.COM - Belum juga beres mengatasi wabah virus corona atau Covid-19, kota Wuhan China hadapi masalah baru: menumpuknya limbah masker di berbagai tempat, termasuk dibuang begitu saja ke laut. 

Padahal masker-masker tersebut diduga kuat tidak steril karena sudah dipakai penggunanya dengan berbagai kondisi kesehatannya.  

Di tengah merebaknya virus corona yang sudah mencapai berbagai tempat di belahan dunia, pihak berwenang China saat ini menghadapi masalah yang tak kalah memusingkan akibat virus tersebut.

Barang-barang tersebut terutama adalah masker sekali pakai yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk melindungi diri mereka dari penularan.

Di Wuhan saja, sebagai kota yang dianggap sebagai epicentrum virus, seorang pejabat di Zona pengembangan Ekonomi mengatakan bahwa mereka mengumpulkan sekitar 200 kg hingga 300 kg masker yang dibuang setiap hari dari 200 tempat sampah yang disiapkan.

 

Seorang warga mengenakan masker dan kantong plastik di luar supermarket Wuhan, Hubei , China, untuk menghindari virus corona pada (10/2/2020).
Seorang warga mengenakan masker dan kantong plastik di luar supermarket Wuhan, Hubei , China, untuk menghindari virus corona pada (10/2/2020). (STR / AFP)

Kota itu, telah memasang tempat sampah khusus untuk pembuangan masker di daerah perumahan, di jalan-jalan dan di tempat umum lainnya.

Melansir dari SCMP, walaupun sulit untuk mendapatkan angka pasti jumlah masker yang dibuang.

Akan tetapi, Otoritas Lingkungan dan Kesehatan memperkirakan  volume limbah medis di Wuhan secara keseluruhan meningkat empat kali lebih besar menjadi lebih dari 200 ton sehari pada minggu lalu.

Produsen masker China sendiri memproduksi sekitar 116 juta per hari saat permintaan masker bedah melonjak di berbagai negara.

Menurut Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional, agen perencanaan ekonomi China, Produksi tersebut mengalami 12 kali lipat lonjakan selama sebulan terakhir seiring meningkatnya jumlah kasus.

 WNI Positif Corona Jadi 6 Orang

 Korban Virus Corona di Indonesia Terus Bertambah, Kasus Covid 19 Kini Menjadi 6 Orang Positif

 Korban Virus Corona di Indonesia Terus Bertambah, Kasus Covid 19 Kini Menjadi 6 Orang Positif

 Driver Ojek Online Suspect Corona di Batam Sudah Ditemukan dan Dites, Begini Kondisinya

 Antisipasi Corona, Imigrasi Atambua Tingkatkan Kewaspadaan WNA yang Masuk Indonesia

Kemampuan pengolahan limbah

Halaman
1234
Editor: Eflin Rote
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved