Wujudkan Masyarakat Belu Cakap Literasi Digital, Kemenkominfo Buat Seminar

Wujudkan masyarakat Belu cakap literasi digital, Kemenkominfo buat Seminar Literasi Digital

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Peserta Seminar Literasi Digital di Kabupaten Belu yang diselenggarakan Kemenkominfo bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Belu 

Wujudkan masyarakat Belu cakap literasi digital, Kemenkominfo buat Seminar Literasi Digital

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA - Untuk mewujudkan masyarakat Belu yang cakap literasi digital, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo) RI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Belu menggelar Seminar Literasi Digital.

Seminar Literasi Digital dengan tema Masyarakat Cakap Literasi Digital itu diikuti 300 peserta, teridiri dari camat, kepala desa, ASN, mahasiswa, pelajar, pemuda lintas agama, karangtaruna, babinsa dan babinpol. Kegiatan seminar berlangsung di Aula Betelalenok Atambua, Rabu (4/3/2020).

Kasus Korupsi Pengadaan Bibit Bawang di Malaka, Negara Rugi Miliaran Rupiah

Wakil Bupati Belu, Drs. J.T Ose Luan dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dan komunikasi dengan alat komunikasi untuk menemukan, mengevaluasi, mengunakan, mengelola dan membuat informasi secara cerdas, kreatif dan produktif.

Literasi Digital dapat menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif.
Masyarakat tidak akan mudah termakan oleh isu yang provokatif, jadi korban informasi hoax atau penipuan yang berbasis digital. Dengan demikian, kehidupan sosial dan budaya masyarakat akan cenderung aman dan kondusif.

PPK Dinas PUPRP Mengundurkan Diri Secara Massal, Pembangunan di Lembata Terancam Mandek

Lanjut Ose Luan, literasi digital sangat penting bagi masyarakat, terutama kaum milenial agar lebih kritis terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dalam menyaring informasi yang positif dan berimbang dan memanfaatkan teknologi secara secara bijak dan berimbang.

"Saat ini banyak generasi muda kurang menguasai kompetensi digital, hal ini sangat berisiko bagi mereka untuk tersisih dalam persaingan memperoleh pekerjaan, partisipasi demokrasi, dan interaksi sosial, sehingga melalui Literasi digital akan menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif," ujar Ose Luan.

Ose Luan berharap, peserta seminar mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru terkait penggunaan teknologi digital dan memahami aturan, norma dan etik pemanfaatan teknologi digital. Kemudian, peserta menjadi pioner dan teladan dalam menggunakan teknologi digital secara benar dan bertanggung jawab.

Diharapkan pula, pengetahuan yang didapat dalam seminar bisa diteruskan kepada masyarakat yang lain agar mereka juga memahami tentang literasi digital.

Kepala Seksi Perancang Literasi Digital Direktorat PI Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Rangga Adi Negara menjelaskan, seminar literasi digital ini dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam mengunakan teknologi digital.

Masyarakat dapat memahami berbagai aturan, norma, dan etika terkait pemanfaatan teknologi serta bisa mempraktekan langsung dalam hal pemanfaatan teknologi digital yang produktif dan bertanggung jawab.

Dalam seminar sehari tersebut menghadirkan beberapa pemateri antara lain, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Belu Drs. Frans R.M, Kepala Seksi Perancang Literasi Digital, Rangga Adi Negara, LSM Masyarakat Anti Fitnah Dan Hoax Indonesia, Giri Lumakto. Sedangkan bertindak sebagai moderator dalam seminar tersebut, Kepala Bidang Hubungan Media dan Sumber Daya, Dominic Maly.

Saat seminar dilakukan juga praktek pemanfaatan teknologi digital agar peserta semakin cepat memahami aturan, norma dan etika terkait pemanfaatan teknologi digital. Tak hanya itu, seminar juga dikemas dengan pola permainan untuk mengasah kemampuan peserta dalam menggunakan teknologi. (Kominfo Belu/*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved