VIDEO--Siswa SMP Santa Ursula Ende Terapkan Salam Jepang Saat Masuk Sekolah. Cegah Virus Korona

VIDEO - Siswa SMP Ursula Ende Terapkan Salam Jepang Saat Masuk Sekolah. Cegah Virus Korona. Kebiasaan ini sudah dimulai sejak pekan lalu di sekolah.

VIDEO--Siswa SMP Santa Ursula Ende Terapkan Salam  Jepang Saat Masuk Sekolah. Cegah Virus Korona

 POS-KUPANG.COM,ENDE--- VIDEO--Siswa SMP Santa Ursula Ende Terapkan Salam  Jepang Saat Masuk Sekolah. Cegah Virus Korona

Siswa SMP Santa Ursula Ende saat ini tidak lagi bersalaman dengan menyentuh telapak tangan secara langsung sebagaimana yang dilakukan selama ini.

 Kali ini merekan menyalami guru dengan cara menundukkan kepala,  menyilangkan tangan di dada sambil mengucapkan selamat pagi. Salam tersebut seperti kebiasaan di Negara Jepang.

VIDEO - Dinas Pertanian Propinsi NTT Panen Jagung bersama kelompok tani Di Tubulopo, TTS

VIDEO – Tak Boleh Ada Istilah Damai Terhadap Kasus Kekerasan Anak di Bawah Umur

ZODIAK KEUANGAN BESOK Sabtu 7 Maret 2020 Cancer Dikejar Utang Scorpio Dompet Tebal Zodiak Lain?

Hal ini dilakukan para siswa dan  guru di SMP Santa Ursula Ende,  sebagai kiat untuk mencegah penularan  Virus Korona.

Humas SMP Santa Ursula Ende, Yohanes Satu mengatakan hal itu kepada POS-KUPANG.COM, saat ditemui di SMP Santa Ursula, Ende, Jumat (6/3/2020)

Yohanes Satu mengatakan, membiasakan para siswa dan guru  melakukan hal seperti ini sudah sejak Senin (2/3/2020) lalu.

Sejak saat itu sampai dengan saat ini, para siswa dan guru SMP Santa Ursula Ende  tidak lagi bersalaman dengan cara berjabatan  tangan.

“Para siswa dan guru ketika bersalaman hanya membungkukan badan dan tangan disilangkan di dada sambil mengucapkan selamat pagi atau siang,” ujar Yohanes Satu.

Menurut Yohanes Satu, cara bersalaman yang baru tersebut, memang terasa janggal oleh para siswa. Namun setelah beberapa hari diterapkan para siswa menjadi terbiasa.

“Ini dilakukan semata-mata mengantisipasi kemungkinan adanya Virus Korona yang selama ini menjadi isu dunia,” kata Yohanes.

Dikatakannya,  meski manajemen sekolah itu menerapkan ucapan selamat yang baru, tetapi tidaklah mengurangi nilai dasar dari  persaudaraan di antara siswa dan guru.

Disaksikan POS-KUPANG.COM, para siswa SMP Santa Ursula Ende yang datang ke sekolah pada saat hendak memasuki ruangan kelas, mereka terlebih dahulu memberikan salam kepada guru piket di depan kelas.

Namun salam yang dilakukan tidak saling berpegangan tangan namun hanya membungkukan badan dengan tangan disilangkan di dada sambil mengucapkan selamat pagi kepada guru.  (POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Tonton, Like, Share and Subscribe Youtube Channel. POS-KUPANG.COM

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Frans Krowin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved