Wabup Kupang Sebut Jhon Tine Tidak Mampu Pimpin SDI Raknamo, Ini Alasannya

Wakil Bupati Kupang ( Wabup Kupang), Jerry Manafe, secara khusus mendatangi SDI Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang

POS-KUPANG.COM/Edi Hayon
Wabup Jerry Manafe ketika melakukan sidak di ruang kelas SDI Raknamo, Kamis (27/2/2020). 

POS-KUPANG.COM | RAKNAMO - Wakil Bupati Kupang ( Wabup Kupang), Jerry Manafe, secara khusus mendatangi SDI Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Kamis (27/2/2020).

Kehadiran Wabup selain meminta klarifikasi terkait sikap masa bodoh Kepsek, Jhon Tine pada acara peresmian penggunaan ruang kelas baru (RKB), juga memeriksa soal penggunaan dana BOS, kebersihan tiap ruang kelas juga kamar mandi/water closed (WC).

Dalam dialog bersama dengan para orangtua/wali juga Komite, Camat Amabi Oefeto, para guru, pengawas sekolah, wabup menyimpulkan Kepsek Jhon Tine tidak mampu kelola lembaga ini.

Boro Tupen Petrus Naik Pangkat Jadi Kompol

"Saya nilai kepsek ( Jhon Tine) tidak mampu jadi seorang pemimpin di SDI Raknamo. Tidak tahu aturan karena saat sosialisasi soal pembangunan RKB dengan donatur tidak catat pokok yang dibahas. Bengkel APPeK cari kepsek karena pimpinan bukan cari panitia. Tidak mampu baca RAB. Belajar lagi di papalele," ujar Wabup Jerry dengan dana tinggi.

Jerry Manafe menilai kepsek jadi biang virus di sekolah dengan menciptakan konflik. Wabup heran ketika telah mempercayakan panitia pembangunan RKB, maka berikan kepercayaan penuh. Kepsek tidak mampu koordinir dan terkesan lari dari tanggung jawab.

Akseleran Turut Berpartisipasi Bantu Pendanaan UMKM di NTT

"Saya paling tidak suka lihat orang putar balek. Saya bukan wabup bodoh karena kamu baru berpikir satu langkah saya sudah tiga langkah kedepan. Ini dana diberikan orang Taiwan, tidak ada rasa terima kasih samasekali," tegasnya.

Wabup menegaskan, hal yang dipertontonkan kepsek dan guru tidak memberikan pembelajaran buat anak didik. Harusnya ada orang yang bermurahhati memberi bantuan disyukuri dan memberikan ucapan terima kasih.

"Kepsek tidak cocok di SDI Raknamo dan saya berikan tenggang waktu dalam beberapa hari kedepan berikan laporan soal penggunaan dana BOS. Saya membaca tidak beres di sekolah ini. Saya ingatkan hati-hati, salah kelola, maka saya perintahkan inspektorat periksa dan ditemukan ada indikasi tingkatkan ke atas untuk diproses sesuai hukum," ujar Jerry.

Wabup juga berkesempatan melihat ruangan kelas yang ada di SDI Raknamo. Ditemukan ruangan penuh debu, kursi berantakan berserakan tidak ada aturan. Halaman sekolah penuh rumput, lantai rusak berat.

"Ini ruang kelas model apa. Dana BOS dipakai untuk apa saja koq ruangan kotor dan kursi meja berantakan. Ini menunjukan kepala sekolah tidak pernah lakukan survei di setiap ruang kelas," kata Jerry sambil geleng kepala.

Sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Kupang, Jerry Manafe, marah besar terkait sikap masa bodoh yang ditunjukan Kepala SDI Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Jhon Tine.

Sikap yang ditunjukan kepala sekolah pada momen peresmian penggunaan tiga unit ruang kelas baru dan satu unit UKS yang merupakan bantuan dari dan Tzu Xing Foundation (TX Foundation) di Taiwan bekerjasama dengan YAPPIKA-Action Aid, Bengkel APPeK, Senin (24/2) sangat disayangkan.

"Saya sangat sesalkan sikap yang ditunjukan Kepala SDI Raknamo. Donatur datang jauh-jauh dari Taiwan untuk bangun gedung sekolah, tapi menunjukan sikap acuh tak acuh. Saya minta kadis bersama saya untuk besok turun ke lokasi,' tegas Jerry Manafe, Selasa (25/2/2020). (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved