Opini Pos Kupang

Mangapa Penyakit Covid-19 Belum ada di Indonesia?

Mari membaca Opini Pos Kupang: mangapa penyakit Covid-19 belum ada di Indonesia?

Mangapa Penyakit Covid-19 Belum ada di Indonesia?
Dok
Logo Pos Kupang

Mari membaca Opini Pos Kupang: mangapa penyakit Covid-19 belum ada di Indonesia?

Oleh : Marni, S.KM. M.Kes, Mahasiswa program Doktor FKM Universitas Hasanuddin dan Dosen FKM Universitas Nusa Cendana

POS-KUPANG.COM - Tahun 2020 merupakan tahun yang menggemparkan bagi seluruh dunia dikarenakan munculnya virus baru yang telah merenggut ribuan nyawa dalam kurun waktu yang sangat singkat, virus tersebut adalah virus corona yang secara resmi disebut Covid-19 oleh World Health Organization (WHO).

Penyakit Covid-19 masih terdengar asing. Menurut WHO nama penyakit covid-19 diambil dari kata"corona" "virus" dan "penyakit" serta 19 sebagai penanda waktu ketika wabah terjadi. Covid-19 adalah penyakit jenis baru dari corona virus yang menular ke manusia.Corona virus merupakan kumpulan virus yang dapat menyerang sistem pernafasan manusia.

Hari ini KPU Verifikasi Syarat Dukungan Bapaslon Perseorangan

Dilansir dari berbagai sumber, virus corona pertama kali ditemukan di Wuhan, salah satu kota di Cina. Diduga sumber utama munculnya virus tersebut dimulai dari hewan unggas (tetapi belum ada berita resmi yang terkait virus tersebut).

Dokter yang paling pertama menemukan virus tersebut ialah dokter Li Wenliang yang pada hari Jumat 07 Februari 2020 pukul 02.58 waktu setempat telah meninggal dunia di usia ke 34 tahun.

Menurut dr. Li Wenliang, kasus-kasus ini diduga berasal dari makanan laut Huanan di Wuhan. Peringatan tentang virus ini sudah disampaikan pada bulan Desember 2019 tetapi masih dianggap sebagai berita palsu, baru pada tanggal 20 Januari 2020 pemerintah Cina mengumumkan keadaan darurat akibat wabah virus corona.

Dokter Reni Ajak Warga Nagekeo Manfaatkan Layanan di RSD Aeramo

Berdasarkan data yang dilansir dari Liputan6.com bahwa sejak Desember 2019 telah tercatat sebanyak 69.000 orang di seluruh dunia yang terinfeksi virus corona, jumlah yang sangat besar untuk kurun waktu 3 bulan. Selanjutnya seperti yang dilansir dari AP News jumlah pasien yang positif virus corona hingga pasien yang meninggal pertanggal 16/02/2020, sebagai berikut:

Penyakit Covid-19 di Indonesia

Jumlah kasus yang sudah hampir menyerang di belahan dunia membuat WHO mengeluarkan peringatan siaga 1 terhadap wabah virus corona ini. Salah satu yang menjadi perhatian khusus adalah dari puluhan deretan nama negara yang telah memiliki kasus corona, nama Indonesia tidak terdapat didalamnya.

Halaman
12
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved