Gerakan Literasi Harus Digalakan di Sekolah, Berikut Tujuannya!

gerakan literasi sekolah ini mempunyai tujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah.

Gerakan Literasi Harus Digalakan di Sekolah, Berikut Tujuannya!
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do saat membuka kegiatan pelatihan di Aula Hotel Sinar Kasih Danga Kota Mbay Kabupaten Nagekeo, Selasa (25/2/2020). 

Gerakan Literasi Harus Digalakan di Sekolah, Berikut Tujuannya!

POS-KUPANG.COM | MBAY --Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do, membuka kegiatan pelatihan bagi fasilitator daerah pada kegiatan literasi dasar berbasis KKG tahun 2020.

Kegiatan berlangsung di Hotel Sinar Kasih Danga Kota Mbay Kabupaten Nagekeo, Selasa (25/2/2020) hingga Jumat (28/2/2020).

Bupati Don menjelaskan gerakan literasi sekolah ini mempunyai tujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah.

Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat, menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.

Selain itu, menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

"Literasi dasar adalah kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan menghitung berkaitan dengan kemampuan analisis untuk memperhitungkan, mempersiapkan informasi, mengkomunikasikan, serta menggambarkan informasi berdasarkan pemahaman dan pengambilan kesimpulan pribadi," sebut Bupati Don.

Bupati Don menjelaskan enam literasi dasar yang menjadi poros pendidikan adalah literasi baca – tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, serta literasi budaya dan kewargaan.

Bupati Don menyebutkan tujuan literasi adalah menciptakan dan mengembangkan budi pekerti yang baik, menciptakan budaya membaca di sekolah dan masyarakat.

Lebih lanjut Bupati Don menyebutkan untuk meningkatkan pengetahuan dengan membaca berbagai macam informasi bermanfaat.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved