Antisipasi Rabies Distan Ende Suntik 50 Ribu Ekor Anjing, Simak Info

Mengantisipasi penyebaran virus rabies lewat anjing, Dinas Pertanian Kabupaten Ende memberikan suntikan vaksin anti rabies kepada 50 rib

Antisipasi Rabies Distan Ende Suntik 50 Ribu Ekor Anjing, Simak Info
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Kadis Distan Kabupaten Ende, Marianus Alexander

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Mengantisipasi penyebaran virus rabies lewat anjing, Dinas Pertanian Kabupaten Ende memberikan suntikan vaksin anti rabies kepada 50 ribu ekor anjing di daerah itu.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Ende, Ir. Marianus Alexander mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Kamis (27/2) di Ende.

Marianus mengatakan bahwa pemberian vaksin kepada anjing adalah hal rutin yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Ende guna mengantisipasi penyebaran virus rabies melalui anjing.

“Pada tahun 2019 lalu telah dilakukan vaksinasi terhadap 50 ribu ekor anjing di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Ende minus Kecamatan Pulau Ende karena memang daerah tersebut tidak memiliki populasi anjing,”kata Marianus.

Tabrak Lari 10 Orang, Pengmudi Sambil Teriak Kafir, Begini Kondisinya Usai Kejadian

Marianus mengatakan pemberian vaksin kepada anjing adalah tindakan dasar guna mengantisipasi penyebaran virus rabies kepada manusia.

1.100 Orang di Korea Selatan Terinfeksi Virus Corona, Terbanyak di Luar China, iNFO

“Nanti ada tindakan berikutnya juga pemberian vaksin kepada manusia oleh Dinas Kesehatan apabila yang bersangkutan terkena gigitan anjing,”kata Marianus.

Marianus mengatakan bahwa pemberian vaksin kepada anjing rutin dilakukan setiap tahun dua kali masing-masing 6 bulan. Hal ini dilakukan karena Kabupaten Ende masih merupakan daerah endemis penyakit rabies.
Oleh karena itu pihaknya menghimbau kepada warga yang memiliki anjing untuk mengamankan anjingnya apabila ada petugas yang hendak melakukan vaksin.

Ini Dilakukan Pelatih Persija Sergio Farias soal Kebugaran Fisik Pemain Jelang Hadapi Borneo FC Info

Setiap anjing yang ada di Kabupaten Ende idealnya sudah diberikan vaksin di tahun 2019 karena memang saat itu dilakukan vaksinasi massal kepada 50 ribu ekor anjing.

Persija Jakarta Optimis Dapat 3 Poin di Laga Pembuka Liga 1 2020, Simak Kekuatan Borneo FC Bocor

“Untuk anjing yang sudah divaksin biasanya diberikan kalung sebagai tanda bahwa sudah diberikan vaksin dan bagi yang tidak memiliki tanda berupa kalung maka itu artinya belum diberikan vaskin anti rabies,”kata Marianus.

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved