Ternyata Pasar Senja Wuring Sikka Bikin Rusak Mangrove

Ternyata Pasar Senja Wuring yang terletak di bibir pantai di Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka

Ternyata Pasar Senja Wuring Sikka Bikin Rusak Mangrove
POS-KUPANG.COM/EGINIUS MO'A
Lapak penjualan ikan di Pasar Senja Wuring, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, 3 Km arah utara Kota Maumere, Pulau Flores, Senin (24/2/2020) malam. 

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Ternyata Pasar Senja Wuring yang terletak di bibir pantai di Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka untuk para penjual ikan dan sayur sejak empat tahun silam sangat baik menyediakan kebutuhan bagi warga Kota Maumee di Pulau Flores.

Namun tahukah pembaca dampak kehadiran pasar dibangun dari dana PNPM diresmikan mantan Bupati Sikka, Drs.Yosef Ansar Rera, beberapa tahun silam.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Sikka, Yosef Benyamin, S.H, mengungkapkan dampak pasar itu dibeberkan semua stake holder dalam pertemuan Selasa, 28 Januari 2020 di Maumere.

Petugas Dinas Peternakan Belu Berupaya Selamatkan Babi dari Virus Manular

"Dalam rapat koordinasi ini, saya sampaikan gangguan ekosistim, izin belum ada, kontribusi PAD Pasar Alok berkurang. Kemudian BLHD menyatakan muncul berbagai sampah, mengganggu ekosistim pertumbuhan mangrove," kata Benyamin, kepada pos-kupang.com, Senin (24/2/2020) di Maumere.

Dinas Penanaman Modal menyatakan belum ada izin. Dinas Perhubungan, menegaskan lalu lintas morat marit melewati jalan sempit ketika pasar ini beroperasi.

Usai Miras, Pengepul Besi Tua Asal TTS Ditemukan Meninggal Dunia di Kota Kupang

Sementara Bagian Hukum Setda Sikka mengatakan pengelolaan pasar rakyat harus menyediakan ruang usaha bagi warga di lokasi pendukung. Kemudian Bagian Ekonomi Setda Sikka mengingatkan gejolak masyarakat pengguna Pasar Senja Wuring.

"Lurah Wuring sepakat ditutup karena tidak ada kontribusi dari pengguna pasar," beber Benyamin.

Benyamin menegaskan, penutupan pasar tersebut belum ada keputusan Bupati Sikka yang akan memberikan perintah kepada Dinas SatPol PP untuk menutupnya.

"Bukan saya. Saya hanya menjalankan rekomendasi rapat untuk sampaikan mekanismenya," kata mantan Kadis Pol PP.

Ia mengatakan, Bupati Sikka menugaskannya melakukan pemetaan lokasi Pasar PNMP dan di mana lokasi di luar Pasar PNPM milik perorangan.

Lokasi Pasar PNPM difokuskan kepada 195 pedagang yang dipindahkan ketika berjualan di jalan raya depan MIS Wuring. Komoditas yang boleh dijual hanya ikan segar, sayur dan kebutuhan dapur.

"Kondisi sekarang pakaian dan macam-macam kebutuhan dijual di sana. Sebagian pengguna Pasar Alok sudah pindah ke Wuring menempati bagian depan sebelah timur Pasar PNMP," imbuh Benyamin. (laporan wartawan POS-KUPANG.COM, eginius mo'a).

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved