Paket Viva Mateke Penuhi Syarat Jumlah Dukungan dan Penyebaran Dukungan

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Belu menerima dokumen syarat dukungan calon perseorangan dari Paket Viva Mateke

Paket Viva Mateke Penuhi Syarat Jumlah Dukungan dan Penyebaran Dukungan
POS-KUPANG.COM/TENIS JENAHAS
Jurubicara KPU Belu, Herlince Emiliana Asa 

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA----Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Belu menerima dokumen syarat dukungan calon perseorangan dari Paket Viva Mateke (Vinsensius Loe-Arnaldo da Silva Tavares)
untuk dilanjutkan ke tahap verifikasi administrasi.

Paket Viva Mateke memenuhi syarat jumlah dukungan dan penyebaran dukungan setelah dilakukan pengecekan secara cermat oleh KPU yang diawasi Bawaslu.

Hal ini dikatakan Jurubicara KPU Belu, Herlince Emiliana Asa kepada Pos Kupang.Com, Senin (24/2/2020).

Seleksi CPNS di Lembata, 762 Peserta Lolos Passing Grade Tapi Belum Tentu Ikut SKB

Dikatakannya, paket Viva Mateke menyerahkan syarat minimal dukungan kepada KPU, Minggu (23/2/2020) sekitar pukul 22.36 Wita.

Jumlah dokumen yang diserahkan sebanyak 13.933 atau yang termuat dalam formulir B1. Kemudian penyebaran dukungan melebihi syarat minimal tujuh kecamatan, yang termuat dalam formulir B11.

Siswa SDI Raknamo Bersorak Gembira Dapat Tiga RKB dan Satu UKS

Setelah dihitung dan dicek jumlah dokumen dalam B1 yang lengkap sebanyak 13.470 dan dokumen tidak lengkap sebanyak 463. Jumlah dokumen yang lengkap dari Paket Viva Mateke sudah melebihi syarat minimal dukungan yakni 13.413, sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU nomor 16 tahun 2019.

Kemudian, penyebaran dukungan atau di formulir B11, melebihi dari syarat minimal yakni tujuh kecamatan. Penyebaran dukungan paket Viva Mateke hampir di 12 kecamatan.

Menurut Herlince, setelah jumlah dukungan dan penyebaran dukungan memenuhi jumlahnya maka KPU menerima dokumen dari Paket Viva Mateke.

Tahapan selanjutnya, KPU melakukan verifikasi administrasi dokumen paket Viva Mateke yang dijadwalkan dari tanggal 27 Februari sampai dengan 25 Maret 2020. Dalam verifikasi administrasi, KPU mengecek dan mencocokan data dukungan antara data yang termuat dalam soft yang ada di aplikasi silon dan data hard atau fisik.

"Kita mengecek dan mencocokan data antara data di soft yang sudah masuk aplikasi silon dan data fisik atau hard. Misalnya, di data soft ada tapi fisiknya tidak ada, itu tidak dihitung. Terus di data soft ada tanda tangan dukungan tapi di fisik tidak ada", jelas Herlince.

Herlince menambahkan, setelah verifikasi administrasi akan dilanjutkan verifikasi faktual.

Herlince ataasnama KPU Belu memberikan apresiasi kepada Paket Viva Mateke yang sudah serius berpartisipasi dalam proses tahapan Pilkada Belu 2020.

"Meski belum tahu, lolos atau tidak tapi kita beri apresiasi kepada paket Viva Mateke yang sudah serius mengikuti proses tahapan pilkada. Apalagi, mereka adalah satu-satunya bakal pasangan calon perseorangan di Pilkada Belu 2020", tutupnya.

Bakal calon bupati, Vinsen Loe kepada wartawan mengatakan, paket Viva Mateke telah menyerahkan syarat dukungan melebihi dari syarat minimal. Selain itu, penyebaran dukungan juga mencakupi 12 kecamatan di Kabupaten Belu.

Vinsen optimis bisa lolos di tahap verifikasi selanjutnya dan sungguh yakin paket Viva Mateke menjadi salah satu peserta Pilkada Belu 2020. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved