Wakil Ketua Amida NTT, Frans Sales Banchmarking Museum di Perth Australia

Frans Sales .S.Pd, MM Wakil Ketua I Asosiasi Museum Indonesia Daerah Provinsi NTT adalah staf pada Badan Pengembangan Sumber Daya Man

istimewa
Suasana Banchmarking di sejumlah Museum Perth Australia 2020. 

POS Kupang.Com -Dr. Frans Sales .S.Pd, MM Wakil Ketua I Asosiasi Museum Indonesia Daerah Provinsi NTT adalah staf pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi NTT ditugaskan Kepala BPSDMD Dr. Keron Ama Petrus mengikuti Banchmarking Museum dan Tourism bersama Asosiasi Museum Indonesia di Perth Australia.

Rombongan AMI melakukan kegiatan banchmarking selama kurang lebih satu minggu dari tanggal 18 -24 Februari 2020 di Perth Australia.

Rombongan Banchmarking AMI di Pimpin  Sekjen AMI Drs. Sigit Gunarjo, MM dan didampingi Yiyok Harlambang, SE, MM Wakil ke II dan Udaya Halim wakil urusan bidang luar negeri dan pandu  Leader Tour Flapianus Rudy Prasetyadi.

Selama Banchmarking Rombongan AMI mengujungi sejumlah Museum di Perth Australia. Diawali dari sebuah rumah sakit jiwa yang di inovasi menjadi Museum dan Galeri.

Di museum ini Rombongan AMI di Pandu Guide Tour Udaya Halim beraudens dengan pimpinan Pengelolah Museum, selanjutnya Rombongan AMI diberi kesempatan explorer ke setiap ruangan untuk mengamati dan menyaksikan , jenis- jenis artefak , tata letak, desain storage ruangan, pamajangan, pemasangan fitur-fitur lampu yang menarik sehingga membuat Museum sangat Artistik dipandang oleh publik.

Artefak yang tampilkan seperti seperti. peralatan medis yang di pakai pada masa beroperasinya Rumah sakit Jiwa, seperti baju perawat, peralatan medis, pisau, gunting, kapas, verban, kasur/spon tidur, foto- foto personil petugas rumah jiwa masa lampau dll, ada pemasangan fortopolio hasil karya siswa/i, berbagai dimensi, ada khusus belajar anak- anak, dan ada bioskop museum untuk menyang conten dan histori Museum dan Galeri.

Selanjutnya Museum Pertanian, di Museum pertanian Rombongan melihat sejumlah jenis makanan produk pertanian dan berbagai jenis coklat dengan bergai varian pemanjangan dan tataletak. 

Rombongan  juga ke museum motor, di museum motor Rombongan AMI di Pandu oleh Guedi Tour Udaya Halim dan Leader Tour Flapianus Rudy Prasetyadi di awali penjelasan oleh pimpinan Museum motor , Selanjutnya rombongan diberi kesempatan mengexplorer kesetiap ruangan show berbagai jenis motor roda dua dan empat dari masa ke masa dan terkini, di museum motor ini peserta melihat terkagum- kagum dengan penampilan dan keunikan kendaraan masa lampau dan terkini yang menjadi antik dalam sejarah perjalan hidup bagi setiap publik untuk menyasikan dan akan menjadi cerita lanjutan kepada generasi kita selanjutnya.

Dr.Frans Sales .S.Pd, MM Wakil Ketua I Asosiasi Museum Indonesia Daerah Provinsi NTT  di Perth Australia
Dr.Frans Sales .S.Pd, MM Wakil Ketua I Asosiasi Museum Indonesia Daerah Provinsi NTT di Perth Australia (istimewa)

Selanjutnya ke Museum Revolution Transport Museum. Di Museum ini . rombongan diawali dengan penjelesan dari pimpinan pengelolah Museum Revolution Transport, lalu di translate oleh Guide Tour Udaya Halim, Dialog dari rombongan AMI lalu di beri kesempatan mengexplorer ke setiap ruangan.

Selanjutnya ke Museum Maritim, di Museum marutim Rombong menemui pimpinan pengelolah Museum maritim, diawali penjelasan lalu di Translate oleh Guide Tour ,

Diskusi, selanjutnya mengexplorer dipandu oleh pengelolah dan penjelasan setiap materi yang di pajang. sejumlah jenis transportasi laut, perahu, berbagai jenis kapal motor dari masa lampau dan terkini, sangat terkagum dan dengan sebuah kapal selam Australia masa lampau yang terawat awet terpajang di Pantai pelabuhan laut perth Australia.

Wou...luar biasa Australia sangat intens terhadap benda- benda peristiwa dan kejadian perjalan hidup manuasiah cultur sebagai fundamen pembentukan charakter hidup suatu bangsa. Salam Museum. Mari Bersama sama meluhurkan museum, kita memuliakan kebudayaan.

Demikian informasi disampaikan  Dr. Frans Sales, S.Pd, MM.  Peserta Banchmarking Museum Perth Australia 2020.

Suasana  Banchmarking  di sejumlah Museum Perth Australia 2020.
Suasana Banchmarking di sejumlah Museum Perth Australia 2020. (istimewa)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved