Zakarias Moruk : Penerapan SIPKD Atasi SPPD Fiktif

Pemprov NTT dalam SPPD menggunakan aplikasi tersendiri yang mana siapa yang melakukan perjalanan, namanya jelas, tujuan dan juga aktivitas

Zakarias Moruk : Penerapan SIPKD Atasi SPPD Fiktif
Pos Kupang.com/Ambuga Lamawuran
Zakarias Moruk 

Zakarias Moruk : Penerapan SIPKD Atasi SPPD Fiktif

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemprov NTT, Drs. Zakarias Moruk mengatakan, selama ini pemerintah NTT menerapkan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) sehingga dapat mengatasi adanya SPPD fiktif.

Zakarias menyampaikan hal ini ,Kamis (20/2/2020).

Ia dikonfirmasi terkait pernyataan Dirjen Bina Keuangan Daerah ,Kemendagri, Drs. Syarifuddin,M.M, bahwa masih banyak adanya SPPD fiktif di daerah.

Menurut Zakarias, selama ini Pemprov NTT dalam SPPD menggunakan aplikasi tersendiri yang mana siapa yang melakukan perjalanan, namanya jelas, tujuan dan juga aktivitas perjalanan tersebut.

"Jadi untuk fiktif saya kira tidak ada, apalagi NTT meraih opini WTP dari BPK. Ini berarti pengelolaan keuangan di NTT sudah bagus dan transparan," kata Zakarias.

Dijelaskan, dalam aplikasi itu tercatat jelas siapa yang jalan, tugas atau tujuan perjalanan. "Apalagi ada asuransi sehingga tidak mungkin bisa dipalsukan," katanya.

Kondisi Terkini Siswi Cantik NTT yang Ditinggal Kabur Pacar Setelah 2 Kali Dinodai

Pemkab Ngada Hibahkan Aset kepada PDAM Ngada, Berikut Liputannya!

Kronologi Lengkap Siswi di Ende Dinodai Kekasih Lalu Ditinggal Kabur, Pelaku Jadi Buronan Polisi

Dikatakan, SIPKD adalah aplikasi terpadu yang dipergunakan sebagai alat bantu pemerintah daerah yang digunakan meningkat efektifitas implementasi dari berbagai regulasi bidang pengelolaam keuangan daerah yang berdasarkan pada asas efisiensi, ekonomis, efektif, transparan, akuntabel dan auditabel.

"Saat ini Kemendagri juga telah mengeluarkan Permendagri 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang mana pengelolaan keuangan daerah akan lebih transparansi dan akuntabel," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved