Buka Festival Guti Nale, Bupati Lembata Paparkan Konsep Wisata Travel Village

Buka Festival Guti Nale, Bupati Lembata paparkan konsep Wisata Travel Village

Buka Festival Guti Nale, Bupati Lembata Paparkan Konsep Wisata Travel Village
POS-KUPANG.COM/Ricko Wawo
Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur membuka secara resmi Festival Guti Nale di Mingar Desa Pasir Putih Kecamatan Nagawutung, Sabtu (15/2/2020). 

Buka Festival Guti Nale, Bupati Lembata paparkan konsep Wisata Travel Village

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur membuka secara resmi Festival Guti Nale di Mingar Desa Pasir Putih Kecamatan Nagawung, Sabtu (15/2/2020).

Guti Nale sendiri merupakan tradisi masyarakat Mingar menangkap Nale atau cacing laut di sepanjang pesisir Pantai Watan Raja dan sudah berlangsung turun temurun.

Gegana Evakuasi Bom yang Ditemukan di Belu Menuju Mako Brimob Atambua

Sebagai upaya pelestarian tradisi nenek moyang ini, Pemerintah Kabupaten Lembata sejak tahun lalu membalutnya dalam gelaran Festival Guti Nale dengan berbagai atraksi budaya Orang Mingar.

Tahun ini di hadapan masyarakat Mingar, Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur memaparkan konsep travel village yang akan menjadi lokomotif pengembangan wisata desa di Kabupaten Lembata.

Bupati Sunur menyebutkan dalam konsep ini ada kegiatan yang dinamakan penguatan struktur budaya dan pengembangan atraksi.

Kapolsek Aesesa Sambangi MAN Nagekeo, Berikut Liputannya!

Penguatan struktur budaya bertujuan agar masyarakat Mingar bisa tetap melestarian tradisi Guti Nale yang sudah ada dan diwariskan lagi oleh generasi muda.

Kalau struktur budaya sudah kuat, jelas Bupati Sunur, maka masyarakat bisa melakukan pengembangan atraksi yang bernilai ekonomis. Pengembangan atraksi ini yang kemudian sudah diwujudkan dalam Festival Guti Nale.

Dia berharap tahun selanjutnya pemerintah desa setempat bisa secara mandiri menggelar Festival Guti Nale tanpa ada intervensi dari pemerintah daerah.

"Atraksi apa yang cocok dengan kegiatan Guti Nale ini, nah ini yang akan terus dijaga secara turun temurun supaya tetap melanjutkan event Guti Nale ini," terang Bupati Sunur.

Halaman
12
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved