LPPA Belu Gelar Gebyar Pengasuhan Bagi Orang Tua di Malaka

Lembaga Pengembangan dan Perlindungan Anak (LPPA) Belu, Mitra ChildFund Internasional di Indonesia menggelar Gebyar Pengasuhan atau Gebyar

LPPA Belu Gelar Gebyar Pengasuhan Bagi Orang Tua di Malaka
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
ORANG TUA---Orang tua anak-anak serius mendengarkan cerita pengalaman dari orang tua tentang pengasuhan positif, saat acara talkshow Gebyar Pengasuhan di Taman We Banibin, Wemalae-Betun, Kabupaten Malaka, Jumat (14/2/2020). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN----Lembaga Pengembangan dan Perlindungan Anak (LPPA) Belu, Mitra ChildFund Internasional di Indonesia menggelar Gebyar Pengasuhan atau Gebyar Parenting kepada orang tua di Kabupaten Malaka.

Kegiatan yang mengusung tema "Wujudkan Cinta Orang Tua dengan Pengasuhan yang Baik" ini dilaksanakan di Taman We Banibin, Wemalae-Betun, Kabupaten Malaka, Jumat (14/2/2020).

Tujuan dari kegiatan ini adalah
meningkatkan pemahaman orang tua dalam mengasuh anak yang difokuskan pada peningkatan kesejahteraan mental orang tua.

Kegiatan ini dihadiri seluruh orang tua dan anak-anak yang berjumlah 350 orang. Kegiatan tersebut mengusung tema Wujudkan Cinta Orang Tua dengan Pengasuhan yang Baik. Hadir saat itu, Pimpinan Proyek LPPA Belu
Mikhael Riu, pejabat pemerintah, kepolisian dan sejumlah pengasuh kelompok anak.

Penanggung Jawab Program Pengasuhan Positif, Christiani Natalia Banik kepada Pos Kupang.Com mengatakan, Gebyar Pengasuhan Tingkat LPPA ini merupakan gabungan dari dua program yakni, program pengasuhan positif dan program pengasuhan responsif.

Program pengasuhan positif bagi anak-anak usia 6 tahun sampai 14 tahun atau anak-anak usia sekolah. Sedangkan pengasuhan responsif bagi anak-anak usia 0 tahun sampai 5 tahun.

Kegiatan ini difokuskan pada orang tua dan mereka mengikuti beberapa item kegiatan, seperti talkshow, drama keluarga, demo pangan lokal yang bergizi, daur ulang sampah plastik oleh anak-anak dan permainan tradsional. Orang tua akan dibagi dalam kelompok.

Menurut Rhizty, sapaan Christiani Natalia Banik, dalam kegiatan tersebut, orang tua diberi pemahaman tentang bagimana menjalin hubungan yang kuat dan dekat dengan anak. Hal ini khusus bagi orang tua yang memiliki anak usai 6-14 tahun atau usia sekolah.

Membangun hubungan yang kuat dan dekat dengan anak dimulai dari komunikasi yang efektif dengan anak,
mengecek anak-anak ketika sedang bermain dengan teman-temannya. Hal ini penting karena pengaruhnya besar bagi anak.

"Orang tua harus menjalin hubungan yang kuat dan dekat dengan anak karena mereka anak-anak usia sekolah. Mengecek anak ketika sedang bermain dengan teman-teman, dia bermain dengan siapa dan bermain apa. Jangan sampai anak bermain hal yang buruk. Jangan biarkan anak lebih nyaman sama teman ketimbang orang tuanya", terang Rhisty.

Sedangkan orang tua yang memiliki anak usia 0 tahun sampai 5 tahun lebih ditekankan pada tumbuh kembang anak atau bagimana mengasuh anak dengan baik. Hal ini penting karena pola pengasuhan anak usia 0-5 tahun dapat menentukan kepribadian anak di usia selanjutnya.

Pada anak usia ini, orang tua diajarkan bagimana memperhatikan gizi anak, berdiskusi dengan anak, memperhatikan kebersihan dan menciptakan rumah nyaman.

"Yang dimaksudkan dengan rumah nyaman ini seperti cara menyimpan pisau harus di tempat yang lebih tinggi dari jangkauan anak, terminal listrik jangan disimpan di lantai karena anak bisa bermain", jelas Rhisty. (jen).

ORANG TUA---Orang tua anak-anak serius mendengarkan cerita pengalaman dari orang tua tentang pengasuhan positif, saat acara talkshow Gebyar Pengasuhan di Taman We Banibin, Wemalae-Betun, Kabupaten Malaka, Jumat (14/2/2020).
ORANG TUA---Orang tua anak-anak serius mendengarkan cerita pengalaman dari orang tua tentang pengasuhan positif, saat acara talkshow Gebyar Pengasuhan di Taman We Banibin, Wemalae-Betun, Kabupaten Malaka, Jumat (14/2/2020). (POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS)
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved