Lihat Aksi TNI dan Polri Saat Patroli Batas di Wilayah Indonesia-Timor Leste

Mari melihat aksi anggota TNI dan Polri saat patroli batas di wilayah Indonesia-Timor Leste

Lihat Aksi TNI dan Polri Saat Patroli Batas di Wilayah Indonesia-Timor Leste
POS-KUPANG.COM/TENIS JENAHAS
Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ melaksanakan patroli bersama dengan anggota Brimob dan polisi di Desa Lamaksenunu, Kecamatan Lakmanen, Kabupaten Belu, Kamis (13/2/2020). 

Mari melihat aksi anggota TNI dan Polri saat patroli batas di wilayah Indonesia-Timor Leste

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Dalam rangka mengamankan wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, anggota TNI Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ melaksanakan patroli bersama dengan anggota Polri yakni Brimob dan polisi di Desa Lamaksenunu, Kecamatan Lakmanen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Kamis (13/2/2020.

Patroli bersama ini dipimpin Danpos Delomil, Letda (Inf) Ruri Febri bersama enam orang personelnya serta tiga orang personel Brimob NTT dan orang personel polisi.

Ansy Lema Ajak Mahasiswa Cari Solusi Untuk Pemanfaatan Lahan Kering di NTT

Tim patroli menyusuri hutan, semak-semak dan melintasi sungai yang dalam kondisi banjir pasca hujan.
Mereka menempuh jarak 3.647 meter.

Fokus patroli adalah melakukan pengecekan, pengawasan dan pendataan terhadap jalan-jalan tidak resmi atau jalur-jalur tikus guna menekan angka tindak pidana penyelundupan barang-barang ilegal yang dapat berakibat pada kerugian negara.

Pilkada Sumba Barat, Ketua KPU Siap Terima Penyerahan Berkas Calon Perseorangan


Dua personil satgas pamtas membawakan Bendera Merah Putih masing-masing posisi paling depan dan paling belakang. Ketika melintasi sungai yang sementara banjir, mereka saling berpegangan tangan sebagai upaya menjaga keselamatan diri agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tampak para personil dari dua satuan berbeda ini menunjukkan kekompakan dan akur dalam urusan menjaga keutuhan NKRI. Mereka memperlihatkan nilai sinergitas saat berada di wilayah tugas.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada Pos Kupang.Com, Jumat (14/2/2020) mengatakan,
tugas Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ dalam mengamankan wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercantum dalam Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 7 ayat (2) huruf b angka 4 yang menjelaskan tentang tugas TNI dalam pengamanan wilayah perbatasan.

Selain menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste, TNI juga bersinergi dengan Polri di wilayah penugasan.

"Patroli bersama ini merupakan wujud sinergitas antara TNI-Polri di daerah penugasan, dalam rangka memberikan kepercayaan kepada masyarakat tentang terwujudnya situasi yang kondusif, aman dan tentram di lingkungan mereka," tutur Letkol Ikhsanudin.

Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan dapat lebih memperkuat sinergitas TNI-Polri didukung oleh kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Danpos Brimob Delomil, Aiptu Raiz mengatakan, menjaga wilayah perbatasan merupakan tanggung jawab bersama.

"Kegiatan ini sebagai wujud tanggung jawab kita bersama dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste," ucap Aiptu Raiz.

Semoga melalui kegiatan ini, TNI Polri tetap bersinergi dalam mencegah segala bentuk pelanggaran yang dilakukan di wilayah perbatasan, sehingga akan memperkecil peluang pelaku-pelaku penyelundupan barang-barang ilegal.

Danpos Delomil, Letda Inf Ruri Febri menyampaikan terima kasih kepada tim patroli dari TNI dan Polri yang telah melaksanakan patroli bersama dalam situasi aman dan kondusif, walaupun menempuh jarak 3.647 meter. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved