Kapolres Ende, AKPB Achmad Muzayin: Kabupaten Ende Rawan Bencana Alam

Kabupaten Ende memiliki luas 2.046,59 KM kuadrat terdapat sungai besar yang bisa berpotensi terjadinya bencana alam

POS- KUPANG.COM/Romualdus Pius
Kapolres Ende, AKBP Achmad Muzayin bersama unsur Muspida Kabupaten Ende meninjau peralatan guna mengantisipasi bencana, Jumat (14/2/2020) di Mapolres Ende 

POS-KUPANG.COM | ENDE - Kabupaten Ende memiliki luas 2.046,59 KM kuadrat yang terdiri dari daratan dan pulau disamping itu terdapat sungai besar yang bisa berpotensi terjadinya bencana alam berupa banjir.

Demikian Kapolres Ende, AKPB Achmad Muzayin  saat menjadi Insepektur Upacara pada apel kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi bencana alam tahun 2020 di Kabupaten Ende, Jumat (14/2/2020) di halaman Polres Ende.

"Selain itu adanya beberapa gunung berapi seperti Gunung Iya dengan ketinggian 637 Meter dan Gunung Mutubusa dengan ketinggian 1.690 M dan Gunung Kelimutu serta kemiringan tanah samping dengan 80 derajat," ujar Kapolres Achmad.

Pelayanan Publik Polres Sumba Timur Masuk Zona Kuning, Ini Kata Kapolres Handrio Wicaksono

Dikatakan berdasarkan data-data kejadian bencana tahun-tahun sebelumnya salah satunya bencana alam terbesar yaitu gempa bumi pada bulan Desember tahun 1992 dan banjir yang terjadi pada bulan Maret tahun 2003 yang berakibat kerugian jiwa dan harta benda.

Sedangkan kejadian gunung meletus yaitu meletusnya Gunung Matubusa pada tahun 1938,dan Gunung Ia pada tahun 1969 yang brdampak pada terganggunya aktivitas masyarakat.

Kodim 1618 TTU Salurkan Paket Sembako kepada 10 Kepala Keluarga Miskin

Disamping itu beberapa tahun terahkir terjadi bencana alam diwilayah Kabupaten Ende seperti tanah longsor di jalan jurusan Ende -Bajawa ,Ende-Maumere.

Kejadian banjir yang mengakibatkan kegagalan panen di Kecamatan Wolowaru,Wewaria, kejadian Abrasi di Dusun Rate, Paupanda, Kecamatan,Ende Selatan, kampung Barai Kecamatan Ende Utara dan di Kecamatan Nangapanda serta terjadinya kebakaran hutan dan lahan seperti di Lereng Gunung Wongge, Lereng Bukit di kelurahan Tanjung dan Lereng di Dusun Arubara kelurahan Tetandara.

"Fenomena alam seperti ini perlu perhatian bersama," kata Kapolres Achmad.

Hadir dalam apel tersebut, Kapolres Ende, AKBP Achmad Muzayin dan Dandim 1602 Ende, Letkol Inf Fuad Suparlin dan Kepala Badan Kesbangpolinmas Kabupaten Ende, Gabriel Dalla serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam,Sebas Bele serta unsur TNI dan Polri yang bertugas di kabupaten Ende. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved