Anggota Bantu Petani Bersihkan Saluran Irigasi di Satar Mese Begini Apresiasi Dandim 1612 Manggarai

Anggota bantu petani bersihkan saluran irigasi di Satar Mese begini apresiasi Dandim 1612 Manggarai

Anggota Bantu Petani Bersihkan Saluran Irigasi di Satar Mese Begini Apresiasi Dandim 1612 Manggarai
ISTIMEWA
Babinsa dan anggota Koramil serta warga Satar Mese, Manggarai bersihkan saluran irigasi.

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Anggota bantu petani bersihkan saluran irigasi di Satar Mese begini apresiasi Dandim 1612 Manggarai. Dandim 1612 Manggarai, Letkol Inf. Rudy Markiano Simangunsong, S.Sos mengaku bangga dan terharu pada anggotanya.

Di mana rasa bangga dan haru itu menyusul aksi anggota Babinsa dan Koramil 07 Satar Mese yang membantu petani membersihkan saluran irigasi skunder Satar Loleng, Desa Paka, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai.

Banyak KTP Rusak, Kepala Desa Timoteus Minta Warga Segera ke Dinas Dukcapil Nagekeo

"Anggota Koramil dan Babinsa di Satar Mese terjun bersama petani karena saluran air ke sawah mengalami pendangkalan karena banyaknya material pasir serta tanah yang ada di dalam parit sepanjang 300 meter, " ujar Dandim Rudy kepada POS-KUPANG.COM di Ruteng, Jumat (14/2/2020) siang.

Ia menjelaskan, anggotanya dan petani lalu melakukan aksi bakti sosial dengan penuh semangat membersihkan tanah di dalam saluran.

"Anggota bersama warga membersihkan drainase, hari ini, Jumat (14/2/2020) pagi. Atas kerja anggota itu saya sebagai Dandim Manggarai memberi apresiasi dan kepada semua anggota babinsa saya sudah perintahkan harus berbuat sesuatu bagi masyarakat. Kehadiran babinsa harus membantu pemerintah dan warga agar terus menbangun daerah ini, " papar Dandim Rudy.

Penyandang Disabilitas di NTT yang Jadi Korban Kekerasan Dilindungi Pergub NTT

Ia menjelaskan, saluran irigasi yang dibersihkan airnya akan mengairi lahan pertanian milik Poktan Desa Paka dan sebagian wilayah Kecamatan Satarmese.

"Ini upaya yang bagus untuk mendukung peningkatan produk pertanian, apalagi sekarang musim hujan, air akan berlimpah," ujar Dandim Rudy.

Dijelaskannya, program swasembada pangan merupakan program pemerintah yang tertuang dalam program Nawacita sehingga harus kita dukung bersama untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia khususnya di Provinsi NTT.

Selain Babinsa dan warga hadir dalam kegiatan staf dan perangkat desa paka, koordinator dan anggota kator BPP Kecamatan Satar Mese dan petugas pengairan Desa Paka. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved