Masyarakat Lookeu Belu Bersama TNI Bersihkan Saluran Irigasi

Masyarakat Desa Lookeu, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu bersama personel TNI dari Satgas Pamtas RI-RDTL bersihkan saluran irigasi

Masyarakat Lookeu Belu Bersama TNI Bersihkan Saluran Irigasi
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Masyarakat Desa Lookeu, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu bersama personel Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ membersihkan saluran irigasi di wilayah tersebut, Sabtu (8/2/2020). 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Masyarakat Desa Lookeu, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu bersama personel TNI dari Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ membersihkan saluran irigasi di wilayah tersebut.

Kegiatan ini bertujuan memperlancar aliran air menuju lahan persawahan masyarakat. Kemudian, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memelihara aset daerah agar tidak cepat rusak.

Gubernur NTT Tinjau Hasan Maubesi di Malaka

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat dibantu personil satgas membersihkan rumput-rumput,
tanah dan material organik lainnya yang dapat mengganggu kelancaran aliran air. Apalagi saat musim hujan, sering terjadi erosi di tepi saluran sehingga tanah, batu dan material lainnya masuk ke saluran yang mengakibatkan pengendapan di dasar saluran. Kondisi ini menyebabkan aliran air kurang lancar.

Untuk mendapatkan pasokan air irigasi yang baik, warga bersama personil Satgas Pamtas bergotong royong membersihkan saluran.

TNI AD Tambah Alokasi Rekrutmen Prajurit Tahun 2020

Warga Lookeu, Bapak Viktor mengatakan, kelancaran usaha pertanian lahan basah dapat ditentukan oleh irigasi. Jika irigasi tidak berfungsi normal maka bisa menimbulkan masalah bagi petani, seperti kekurangan pasokan air.

Mengingat penting irigasi yang baik, maka masyarakat bersepakat melakukan kegiatan pembersihan irigasi sepanjang 500 meter. Dalam melaksanakan kegiatan ini, masyarakat dibantu personel satgas dari Pos Lookeu.

Vicktor menyampaikan ucapan terima kasih kepada personel Pos Lookeu yang telah ikut serta dalam membantu membersihkan saluran irigasi yang berada di desanya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak TNI yang selalu membantu kesulitan dan keluhan yang kami alami di sini. Mereka telah rela menyisihkan waktu dan tenaga untuk membantu warga dalam meringankan setiap kegiatan" ungkap Viktor.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada wartawan, Minggu (9/2/2020) mengatakan, enam personil Pos Lookeu yang dipimpin Letda (Inf) Irawan selaku Danpos Lookeu membantu masyarakat Lookeu membersihkan saluran irigasi.

Menurut Ikhsanudin, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif R 142/KJ disamping menjaga keamanan wilayah perbatasan sektor timur NKRI, mereka juga melaksanakan tugas lain yaitu Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) melalui koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan dan instansi setempat di bidang perairan dan pertanian.

Bantuan tenaga yang diberikan personel satgas tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap kondisi sosial masyarakat di daerah penugasan.

"Saya selalu berpesan kepada seluruh personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ, agar kehadiran mereka di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan manfaat dan pengaruh positif kepada warga yang berada di sekelilingnya, yaitu di sepanjang sektor timur perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia," imbuh Letkol Ikhsanudin. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved