Luar Biasa! IBUIBU BELU Tampil di Komunitas Salihara-Jakarta Selatan

Luar biasa, IBUIBU BELU: Bodies of Borders tampil dalam di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan dengan membawakan tarian Likurai

POS-KUPANG.COM/Foto Ekos Dance Co
IBUIBU BELU Bodies of Borders foto bersama dengan Wakil Bupati Belu Drs. JT Ose Luan dan Anggota DPRD Kabupaten Belu, Frans Zaka saat tampil Komunitas Salihara, Jakarta Selatan. 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Luar biasa, IBUIBU BELU: Bodies of Borders tampil dalam di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan dengan membawakan tarian Likurai.

Tarian yang diangkat dari ritual dan Likurai Belu ini dibawakan oleh enam penari perempuan dari Kabupaten Belu dengan koreografer Dr. Eko Supriyanto, maestro tari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Dalam siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang diterima POS- KUPANG.COM, Jumat (7/2/2020) dijelaskan, pementasan perdana tari kontemporer bertitel IBUIBU BELU: BODIES OF BORDERS tampil di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan. Penampinan IBUIBU BELU disaksikan Wakil Bupati Belu Drs. JT Ose Luan dan Anggota DPRD Kabupaten Belu, Frans Zaka.

Lima Tahun Tinggal di Hotel

Tarian yang diangkat dari ritual dan Likurai Belu ini dibawakan enam penari perempuan dari Kabupaten Belu dengan koreografer Dr. Eko Supriyanto. Karya ini mengeksplorasi gerak, irama, nyanyian, dan tenun (kain tradisi setempat).

Melalui materi-materi tersebut Eko menciptakan bentuk-bentuk manifestasi tari Likurai yang mengandung ciri khas masyarakat Timor saat ini yang terpisah secara politik, antara NTT dan Timor Leste. Ingatan tersebut menubuh dalam enam penari setempat, salah satunya berasal dari Timor Leste dan sejarah kehidupan mereka yang diekspresikan dalam Likurai.

Kasat Reskrim Polres Manggarai Akui Banyak Anak Terlibat Pidana Pencurian Tapi Perlu Peran Orangtua

Kedua hal tersebut secara paradoks menunjukkan bahwa tubuh menghadapi tantangan batas-batas politik, namun dalam waktu yang sama juga mengalami keterpisahan.

Pementasan yang berlangsung selama dua hari tanggal 6-7 Februari 2020 ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari penonton. Terbukti, tiket masuk teater dengan kapasitas 300 kursi di tempat pementasan seni ini sudah sold out sejak beberapa hari yang lalu.

Pementasan ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Belu dgn Ekos Dance Co dan didukung oleh Asia TOPA (Melbourne, Australia), SPRING Festival (Utrecht, Belanda), Teater Im Pumpenhaus (Munster, Jerman), TPAM-Performing Arts Meeting in Yokohama (Yokohama, Jepang), Komunitas Salihara (Jakarta, Indonesia), Ratnasari Langit Pitu (Jakarta).

Setelah penampilan di Komunitas Salihara, IBUIBU BELU: Bodies of Border dijadwalkan akan memulai tour dunianya di Asia, Australia, dan Eropa sepanjang tahun 2020.

Wakil Bupati Belu, J.T Ose Luan didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belu, Jonisius R. Mali, SH, Kadis Kominfo, Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si, Kadis Pariwisata Fredik Bere Mau, ST dan Kabag Umum Yustinus Loko. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved