Harga Bawang Putih di Kupang Rp70 Ribu, Pengusaha Kuliner Mengeluh

Harga bawang putih di Kota Kupang saat ini mencapai Rp 70 ribu per kg, naik sebesar RP 30 ribu dari harga sebelumnya Rp 40 ribu

Harga Bawang Putih di Kupang Rp70 Ribu, Pengusaha Kuliner Mengeluh
ilustrasi/ ekonomi kompas
Bawang putih 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Harga beberapa komoditi di pasar Kasih di Kota Kupang mengalami kenaikan. Kenaikan yang paling terasa yakni bawang putih.

Kenaikan harga sangat terasa bagi pengusaha kuliner dan juga masyarakat karena naiknya sangat banyak yakni Rp 30 ribu per kg sehingga harga saat ini menjadi Rp 70 ribu/kg.

Bawang putih yang ada adalah bawang impor karena stok sudah kosong.

Pedagang Bawang di Pasar Kasih Naikoten I, Ngadiyanto, di Kupang, Rabu (5/2), mengatakan harga bawang putih naik karena ketiadaan stok atau stok sedang kosong.  "Diperkirakan harga bawang putih ini bisa naik lagi karena stok yang kosong," ujarnya.

Mbak Eni, juga mengaku harga bawang putih sudah naik menjadi Rp70.000 dari sebelumnya Rp40.000 per kilogram.

Sejak Desember tahun lalu harga bawang putih dan merah mengalami kenaikan. Namun tidak begitu signifikan. Bawang putih impor yang disediakan di Pasar Kasih Naikoten I dari harga Rp30.000 per kilogram (kg) naik menjadi Rp35.000/kg.

Kemudian Januari harga bawang putih terus naik menjadi Rp40.000/kg dan belum lama ini baru saja tiga hari harga bawang putih naik drastis dari Rp40.000 menjadi Rp70.000/kg.

Sedangkan bawang merah masih stabil dengan harga Rp30.000/kg yang sebelumnya sempat dijual dengan harga Rp10.000/kg.

Salah satu pengusaha kuliner, Fitriani Kartika mengeluhkan harga komoditi di pasar seperti mencekik leher. "Bawang mahal, tomat juga mahal, satu kilogram Rp25.000, yang lain-lain juga pada naik," katanya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved