Tanam Porang juga dilakukan di Desa Golo Damu, Manggarai Barat, Harga Rp 100/Kg

Kepala Desa Liang Sola, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Adrianus Harsi, mencari tahu informasi harga komo

PK/Servan Mamilianus
Budidaya Porang di Manggarai Barat, Kades Liang Sola Cari Tahu Harga ke Malang Rp 100 Ribu Per Kg Kering 

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO--Kepala Desa Liang Sola, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Adrianus Harsi, mencari tahu informasi harga komoditi Porang sampai di Malang.

Walaupun tidak pergi langsung ke kota itu namun informasi pasti harga Porang bisa dia peroleh, yaitu Rp 100.000, per kilo gram untuk yang sudah kering.

"Saya sudah mencari tahu harga Porang, ternyata di Malang untuk Porang yang sudah kering harganya Rp 100.000 per kilo gram. Kalau yang belum kering tidak terlalu memberi keuntungan kepada petani yang memiliki tanaman Porang," kata Adrianus kepada POS--KUPANG.COM.

Animo tanam Porang kata dia juga terjadi di desanya, bahkan sudah ada dua kelompok tani yang fokus tanam Porang.

"Ada dua kelompok tani di desa saya yang sekarang budi daya tanaman Porang," kata Adrianus.
Menurutnya pemerintah Kabupaten Mabar perlu membantu petani dengan menyiapkan sarana produksi atau peralatan lain terutama untuk pengolaan atau pengeringan.

Lowongan Kerja BUMN, Ini Posisi Sekretaris hingga HRD di PT Surveyor Indonesia, Pendaftaran di Sini

Sebelumnya diberitakan, Porang yang saat ini sedang trend ditanam warga di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) ternyata merupakan salah satu komoditi yang diekspor ke Jepang.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Mabar Anggalinus Gapul, menyampaikan bahwa pihaknya sudah usulkan ke Pemerintah Pusat agar bisa dibantu.

Korban Perilaku Seks di Rutan Perempuan Ceritakan Hal ini Sambil Menangis, Bagiamana Lesbian?

"Kami sudah usulkan sebesar 1.700 hektar lahan. Informasi sementara, Pemerintah Pusat lewat APBN membantu lahan Porang di Manggarai Barat seluas 500 hektar. Bisa juga berpeluang lebih dari 500 hektar," kata Anggalinus, kepada POS--KUPANG.COM, Selasa (4/2/2020).

Pemain Juventus Perkuat Persija Jakarta, 5 Pemain Eropa Tampil di Liga 1 2020, Info Jadwal Lengkap

Bantuan dari APBN itu kata dia dalam bentuk Pupuk Urea, NPK dan organik.
"Komoditi itu mau diekspor ke Jepang sebagai bahan baku untuk pembuatan kosmetik dan juga makanan tetapi secara detailnya kami belum diberikan informasi," kata Anggalinus.
Anakan Pohon Porang yang ditanam selama ini kata dia, merupakan swadaya dari masyarakat sendiri. (LAPORAN REPORTER POS--KUPANG.COM, SERVATINUS MAMMILIANUS).

Budidaya Porang di Manggarai Barat, Kades Liang Sola Cari Tahu Harga ke Malang Rp 100 Ribu Per Kg Kering
Budidaya Porang di Manggarai Barat, Kades Liang Sola Cari Tahu Harga ke Malang Rp 100 Ribu Per Kg Kering (PK/Servan Mamilianus)
Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved