Kodim Ende Sosialisasi Karakter Generasi Muda Berdasarkan Pancasila, Ini Tujuannya

Bangsa Indonesia diproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Tetapi saya sebagai seorang prajurit saya pernah dengar lagu 17 Agustus

Kodim Ende Sosialisasi Karakter Generasi Muda Berdasarkan Pancasila, Ini Tujuannya
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
SOSIALISASI/Kodim 1602 Ende melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan di SMKN 1 Ende Area lampiran 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE—Kodim 1602 Ende melakukan sosialisasi karakter generasi muda Indonesia yang berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila yang berbhineka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI, Senin (3/1) di Aula SMKN 1 Ende.

Sosialiasi itu diikuti oleh perwakilan dari SMKN 1 dan SMKN 2 Ende.

Pelaksanaan sosialisasi dilakukan oleh Kasdim 1602/Ende, Mayor Inf. I Made Rastina, S.Sos.
Informasi yang diterima Pos Kupang.Com dari Kodim 1602 Ende, Selasa (4/1) dalam sosialisasi itu, Kasdim 1602/Ende, Mayor Inf. I Made Rastina, S.Sos mengatakan bahwa tugas TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Tugas ini dipayungi oleh hukum yang ada pada undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 ayat 2 yang berbunyi "Satu sama lain melaksanakan operasi militer untuk perang dan operasi selain perang kita membantu tugas perserikatan bangsa-bangsa di negara-negara yang konflik.

“Kembangkan kembali implementasi nilai-nilai nasionalisme karena nilai-nilai nasionalisme yang kita rasakan sekarang sudah mulai memudar karena pengaruh dari globalisasi,”ujarnya.

“Soekarno diasingkan di tanah Ende. Wawasan kebangsaan kita pahami maka nikmat yang kita miliki sekarang adalah merdeka tanpa ada rongrongan dari penjajah. Kita belajar cinta tanah air rasa kesetiakawanan sosial masyarakat yang diciptakan secara adil makmur dan sejahtera,”katanya.

“Bangsa Indonesia diproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Tetapi saya sebagai seorang prajurit saya pernah dengar lagu 17 Agustus di plesetkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, hal ini tidak boleh terjadi,”ujarnya.

Dikatakan wawasan kebangsaan harus dimengerti dan dipahami sebagai semangat kebangsaan karena semangat kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa kebangsaan dan paham kebangsaan.
Kondisi semangat kebangsaan nasionalisme suatu bangsa akan terpancar dari kualitas dan ketangguhan bangsa tersebut dalam menghadapi berbagai ancaman.

Dikatakan ada dua anacaman yakni ancaman dari luar negeri maupun ancaman dari dalam negeri. Ancaman dari luar negeri yaitu bentuk intervensi dari pada negara luar. Ancaman dari dalam negeri adalah ekstrim kanan dan ekstrim kiri dan ekstrim lainnya, hal ini sebagai dampak dari kurangnya wawasan kebangsaan. Hal ini karena belum optimalnya pembentukan karakter bangsa.

Hal yang mengurangi semangat kebangsaan yakni pendidikan anak yang minim, kurangnya keteladanan para pemimpin saat ini. Lemahnya budaya patuh, cepat menyerap budaya global.

Geoffrey Castillion Disodori Kontrak Pelatih Persib Bandung Robert Alberts, Ini Jawabannya

Mayor Inf. I Made Rastina mengatakan dua sekolah ini dulu siswanya selalu selisih paham, ada gesekan karena hal sepele, masalah perempuan, masalah almamater terjadi keributan namun kini tidak terjadi lagi.

“Saya sangat bangga, ini yang diharapkan ke depan, saya sampaikan kepada para Babinsa agar hal ini dilaksanakan terus untuk kita tertibkan kedua sekolah ini.Betul-betul menjaga hubungan yang harmonis,”katanya.

Nasionalisme perlu dipahami, guna membangun kebangsaan sebagai anak bangsa perlu adanya ikatan antara bangsa, tidak membedakan suku agama ras dan golongan.

“Kita adalah satu dalam bingkai NKRI. Lakukan yang terbaik bagi Indonesia sebagai komponen bangsa sebagai, alat negara yang berdiri di depan mempertahankan keutuhan wilayah. Tugas TNI adalah mengamankan keutuhan NKRI sesuai dengan tugas pokok TNI nomor 34 Tahun 2004,”katanya.

SOSIALISASI/Kodim 1602 Ende melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan di SMKN 1 Ende

Area lampiran
SOSIALISASI/Kodim 1602 Ende melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan di SMKN 1 Ende Area lampiran (POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS)
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved