Public Service Pos Kupang

Mohon Pemerintah Atasi Serangan Hama Ulat, Ini Tanggapan Kadis Peternakan Kabupaten Lembata

Baca Public Service Pos Kupang: mohon Pemerintah atasi serangan Hama Ulat, ini tanggapan Kadis Peternakan Kabupaten Lembata

Mohon Pemerintah Atasi Serangan Hama Ulat, Ini Tanggapan Kadis Peternakan Kabupaten Lembata
POS KUPANG.COM/RICKO WAWO
Dinas Pertanian Kabupaten Lembata mulai menurunkan tim guna membantu para petani membasmi hama ulat grayak yang menyerang kebun mereka sejak dua minggu terakhir ini. Para petugas di lapangan melakukan pendataan sekaligus penyemprotan pembasmian hama. Gambar diabadikan, Senin (27/1/2020) 

Baca Public Service Pos Kupang: mohon Pemerintah atasi serangan Hama Ulat, ini tanggapan Kadis Peternakan Kabupaten Lembata

POS-KUPANG.COM - Selamat malam Pos Kupang. Hama ulat sekarang mengerikan sekali di Lembata. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya kali ini hama hampir menyebar di semua wilayah Kabupaten Lembata. Kami di Ile Ape banyak tanaman jagung yang diserang ulat. Mengerikan sekali. Mohon pemerintah kabupaten Lembata melalui dinas terkait bisa cepat atasi ini. Kalau tidak bisa terancam gagal panen.

Terima kasih
Bosko
Warga Desa Muroona Kecamatan Ile Ape

Tanggapan

Sudah Disemprot Peptisida

Dinas Pertanian Kabupaten Lembata mulai menurunkan tim guna membantu para petani membasmi hama ulat grayak yang menyerang kebun mereka sejak dua minggu terakhir ini. Hama ulat grayek menyerang tanaman jagung lokal atau hibrida dan juga tanaman sorgum.

Air di NTT

Kasus pertama tercatat serangan hama ulat grayek terjadi minggu lalu di wilayah Kecamatan Nubatukan, kemudian di Desa Lamatuka, Desa Baopana dan hampir di seluruh Desa di Lembata.

Langkah pertama, kita tahu sebaran kasusnya karena kita juga harus tahu dulu masalahnya. Saya sudah perintahkan petugas lapangan untuk melakukan monitoring ke semua desa dan ternyata awal semua kecamatan itu kena.

Setelah dilakukan monitoring, tim di lapangan pun secara teknis mencari tahu intensitasnya serangan hama dan melihat jenis kerusakannya seperti apa. Oleh karena itu, minggu lalu kami menyimpulkan sesuai data sebaran bahwa semua wilaya Lembata diserang hama ulat grayek dengan instensitas ringan.

Festival Imlek Kota Kupang Terobosan Menuju Kota Pariwisata

Sambil monitoring kita pengendalian dengan penyemprotan dengan melibatkan pemerintah desa, kelompok tani baik di kecamatan dan di desa. Minggu ini pada hari Selasa, Rabu dan Kamis kita lakukan pengendalian terpadu besar-besaran di kecamatan.

Halaman
12
Penulis: PosKupang
Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved