Kanwil DJP Nusra Samakan Pemahaman, Kunjungi BI dan OJK

Kepala Kantor Wilayah DJP Nusa Tenggara, Belis Siswanto bersama jajaran mengunjungi Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTT dan OJK NTT

Kanwil DJP Nusra Samakan Pemahaman, Kunjungi BI dan OJK
POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Kepala Kantor Wilayah DJP Nusa Tenggara, Belis Siswanto menyetahlan cinderamata kepada Kepala KPw BI NTT, I Nyoman Ariawan, Kamis (31/1/2020). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -Kepala Kantor Wilayah DJP Nusa Tenggara, Belis Siswanto bersama jajaran mengunjungi Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan NTT dan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTT dalam rangka mempererat hubungan dan silaturahmi

Dalam kunjungan pada Kamis (30/1), Belis didampingi Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas), Devi Sonya Adrince; Kepala Bidang Pemeriksaan, Penagihan, Intelijen, dan Penyidikan (PPIP), Candra Budi; Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan (DP3), Mochamad Taufiq; Kepala KPP Pratama Kupang, Moch. Luqman Hakim dan Kepala KPP Pratama Atambua, M. Arifin.

Belis disambut Kepala OJK Provinsi NTT, Robert Sianipar di ruang kerjanya. Robert menyatakan bahwa kunjungan tersebut merupakan sinergi yang baik. "Saya sangat senang dengan adanya kunjungan ini sinergi antar instansi bisa lebih baik lagi," ujarnya dalam rilis yang diterima Jumat (31/1).

Kanwil DJP Nusa Tenggara membahas beberapa hal untuk koordinasi. Pertama adalah koordinasi terkait sosialisasi untuk menyamakan pemahaman atas aturan-aturan perpajakan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam implementasi aturan pajak. Aturan perpajakan harus jelas agar dapat diimplementasikan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kedua adalah terkait dengan pengawasan atas lembaga-lembaga keuangan terutama dalam hal pemenuhan kewajiban perpajakan.

Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas), Devi Sonya Adrince menyatakan bahwa Ditjen Pajak dan OJK bersama-sama akan mengawal lembaga keuangan dalam memberikan fasilitas kepada masyarakat.

"Lembaga keuangan memiliki peran yang besar dalam memberikan fasilitas pemenuhan perpajakan, sehingga perlu adanya pengawasan agar fasilitas yang diberikan benar-benar dijalankan terutama dalam hal pemenuhan kewajiban perpajakan," ujar Devi.

Kunjungan ke BI Perwakilan NTT juga membahas kerja sama antar instansi dalam peran pembangunan nasional.

Kopdit Swasti Sari Tujuh Tahun Dapat Opini WTP

Belis menyatakan peran besar dalam pembangunan nasional, terutama dalam hal penerimaan negara.

"Bank mempunyai peran yang besar sebagai penopang dan pengelola keuangan, bank juga menjadi sarana dalam penerimaan negara, untuk itu sinergi DJP dan BI perlu untuk membahas kendala-kendala," ujar Belis.

Ditjen Pajak senantiasa terus berupaya memberikan kemudahan-kemudahan kepada wajib pajak dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya. "Kemudahan-kemudahan kepada wajib pajak terus kami upayakan agar pembangunan nasional bisa terus berlangsung tanpa kendala yang berarti," tambah Belis.

Selanjutnya, Kanwil DJP Nusa Tenggara dan BI Perwakilan NTT berupaya meningkatkan kerja sama dalam hal edukasi kepada bank-bank dan lembaga keuangan lain terutama dalam hal memenuhi kewajiban perpajakan.

Kunjungan tersebut juga membahas peningkatan kerja sama seperti turut melibatkan pihak pajak dalam kegiatan FGD Tim Pengendali Inflasi Daerah atau diskusi-diskusi yang membicarakan masalah perekonomian makro.

"Kita bisa mengundang teman-teman dari pajak untuk turut berdiskusi terkait ekonomi makro seperti inflasi di NTT," tutur Nyoman. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved