Cegah Longsor, TNI Bersama Masyarakat Nanaenoe-Belu Tanam Ratusan Pohon Gamal

Cegah tanah longsor, TNI bersama masyarakat Nanaenoe Kabupaten Belu tanam ratusan pohon gamal

POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
TNI-Polri, pemerintah dan elemen masyarakat saat menanam ratusan pohon Gamal dan Jambu Air Hutan di wilayah Desa Nanaenoe, Kecamatan Nanaet Dubesi, Kabupaten Belu, Sabtu (1/2/2020). 

Cegah tanah longsor, TNI bersama masyarakat Nanaenoe Kabupaten Belu tanam ratusan pohon gamal

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Dalam rangka penghijauan dan mencegah bencana tanah longsor, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ bersama masyarakat setempat menanam 500 pohon gamal dan jambu air hutan.

Mereka menanam ratusan pohon tersebut di kawasan yang berada di Desa Nanaenoe, Kecamatan Nanaet Dubesi, Kabupaten Belu, Provinsi NTT.

Anggota Satgas Yonif 132/BS Renovasi Kamar Mandi Sekolah di Perbatasan

Di lokasi penanaman pohon tersebut sering terjadi longsor sehingga di musim hujan tahun 2020, Satgas menggandeng pemerintah, masyarakat, Polri dan tokoh agama untuk melakukan gerakan tanam pohon.

TNI-Polri, pemerintah dan elemen masyarakat saat menanam ratusan pohon Gamal dan Jambu Air Hutan di wilayah Desa Nanaenoe, Kecamatan Nanaet Dubesi, Kabupaten Belu, Sabtu (1/2/2020).
TNI-Polri, pemerintah dan elemen masyarakat saat menanam ratusan pohon Gamal dan Jambu Air Hutan di wilayah Desa Nanaenoe, Kecamatan Nanaet Dubesi, Kabupaten Belu, Sabtu (1/2/2020). (POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas)

Kegiatan penghijauan yang dilakukan, Sabtu (1/2/2020) itu dipimpin Letda (Inf) M. Panjaitan selaku Danpos Nanaenoe. Hadir saat itu, pejabat pemerintah dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), jajaran Kodim 1605/Belu, Danramil 06 Halilulik Kapten (Inf) Jeremi, Wakapolres Belu Kompol Herman Bessie, Pastor Paroki Laktutus, Pater Yohanes Christoforus Tara, OFM dan masyarakat Nanaenoe yang diperkirakan puluhan orang.

Kodim 1618 TTU Sosialisasi Kegiatan TMMD ke-107 di Desa Nian

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, Letkol (Inf) Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada wartawan mengatakan, kegiatan Karya Bakti penghijauan berupa penanaman pohon gamal dan pohon jambu air hutan ini digagas Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah unsur sebagai wujud sinegritas TNI-Polri , Pemerintah setempat, tokoh agama, tokoh adat serta warga masyarakat Kecamatan Nanaet Dubesi dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan, khususnya di daerah perbatasan Indonesi -Timor Leste.

"Kegiatan ini juga sebagai bentuk sinegritas TNI-Polri , Pemerintah setempat, tokoh agama, tokoh adat serta warga masyarakat Kecamatan Nanaet Dubesi terhadap kelestarian alam dan lingkungan, khususnya di daerah perbatasan Indonesi - Timor Leste," ucap Ikhsanudin.

Menurut Ikhsanudin, menjaga kelestarian lingkungan merupakan tugas bersama termasuk TNI sehingga dilaksanakan kegiatan penghijauan bersama.

Kegiatan ini juga merupakan tugas
satgas di bidang Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) yang dilaksanakan melalui koordinasi bersama Satuan Komando Kewilayahan dan Instansi Pemerintah terkait.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran bersama dalam melesterikan lingkungan. Karena keberadaan lingkungan sekitar sangatlah berguna bagi kelangsungan hidup kita. Dengan penanaman ratusan pohon tersebut bisa mencegah bencana tanah longsor di wilayah tersebut.

Pastor Paroki Laktutus, Pater Yohanes Crisforus Tar OFM mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ yang telah menggagas kegiatan penanaman pohon. Diharapkan kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon di daerah-daerah rawan longsor.

Pater Kristo yang pernah menerima Kalpataru lingkungan hidup ini mengharapkan kepada pemerintah dan semua elemen masyarakat agar pohon-pohon yang telah ditanam itu perlu dijaga dan dirawat hingga membuahkan hasil.

Pater Kristo menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi melaksanakan kegiatan tanam pohon di wilayah Paroki Laktutus seraya mendoakan pohon yang ditanam itu bertumbuh baik sehingga beberapa tahun ke depan, daerah itu semakin hijau. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved