Perwira TNI Dibimbing Lapor SPT Tahunan

Dandim 1604 Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha S.I.P, beserta jajaran perwira mengunjungi KPP Pratama Kupang untuk melaporkan SPT Tahunan.

Perwira TNI Dibimbing Lapor SPT Tahunan
POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Dandim 1604 Kupang, Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S. I. P didampingi Kepala KPP Pratama Kupang, Moch Luqman Hakim menunjukkan hasil laporan SPT Tahunan di ruang kerja kepala KPP pratama Kupang, Selasa (28/1/2020). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Dandim 1604 Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha S.I.P, beserta jajaran perwira mengunjungi KPP Pratama Kupang untuk melaporkan SPT Tahunan.

Kehadiran Dandim 1604 ini disambut hangat oleh Kepala KPP Pratama Kupang, Moch Luqman Hakim, kepala bidang dan para staf di ruang kerjanya, Selasa (28/1).

"Hari ini kami memberikan asistensi pengisian e - filling sekaligus melakukan bimbingan kepada para perwira untuk pengisian SPT Tahunan masing-masing. Karena sebenarnya mereka bisa melakukan atau mengisi SPT dimana saja. Tapi untuk mempererat silaturahmi maka hari ini Pak Dandim Kolonel I Made mengajak para perwiranya untuk dibimbing agar bisa mengisi SPT Tahunannya sendiri," kata Moch Luqman, Selasa (28/1).

Capaian Kinerja Pajak di NTT 90,33 Persen

Hadirnya banyak publik figur dan tokoh masyarakat NTT, kata Luqman, memberi contoh kepada masyarakat NTT umumnya, dan pelaku usaha khususnya untuk bisa segera melaporkan SPT Tahunan tanpa harus menunggu akhir batas laporan pada 31 Maret 2020 nanti.

"Semakin cepat makin baik dan kami siap membimbing para wajib pajak dalam melaporkan SPT tahunan. Kita lihat sendiri di kantor ini tampak jelas animo warga, pelaku usaha dan karyawan untuk melaporkan SPT Tahunan. Terus terang ini dampak dari hasil liputan media dalam laporan SPT Tahunan," katanya.

TKW Asal NTT Dilarikan ke Ruang Isolasi RS Sidoarjo, Terserang Virus Corona? Begini Kondisinya Kini

Sejak pagi tadi ia sudah melakukan berbagai kegiatan. Pertama bertemu dengan Asisten I Setda Provinsi NTT, Djamal Ahmad, untuk berdiskusi perkembangan ekonomi NTT. Dimana instansi KPP Pratama siap mensukseskan visi dan misi Gubernur NTT.

Selanjutnya bertemu dengan Kepala Kejati NTT untuk mengambil video dan tag gambar sebagai tokoh panutan pengisian SPT dan kemudian menerima kunjungan Dandim 1604 Kupang.

Dandim Made Kusuma Dhyana Graha mengatakan sebagai warga negara yang taat hukum dan pajak, tentunya TNI tidak ada bedanya dengan masyarakat lainnya. Jadi bukan kelas masyarakat yang khusus. Oleh karena itu TNI wajib melaporkan pajak.

"Ini sebagai pembelajaran. Saya mengajak para perwira untuk datang bersama-sama. Karena mungkin selama ini TNI ada juru bayar, jadi semua diselesaikan sama juru bayar. Kita mau mengajak bahwa SPT adalah tanggung jawab perorangan dan sekarang sudah ada banyak caranya. Seperti tidak perlu datang lagi ke kantor karena bisa dilaporkan secara online melalui handphone. Tapi kedatangan hari ini sebagai pembelajaran, maka kita sengaja mengajak para perwira bahwa ada kegiatan atau kewajiban yang harus dilaksanakan setiap tahun," tuturnya.

Ia berharap setelah dari kantor KPP Pratama Kupang, akan menular ke anggota-anggota lainnya. Karena ia meyakini yang datang hari ini, baru pertama kali mengetahui tentang cara melaporkan SPT Tahunan. Bahkan ada juga yang bertanya-tanya tentang apa itu e-ffin

Kepala KPP Pratama Kupang, katanya, sangat komunikatif dan diberi kesempatan untuk belajar. Diakuinya pelayanan di KPP pratama Kupang sangat baik.

"Pelayanan kantor publik yang pernah saya masuk, saya lihat di sini yang paling baik. Buktinya saya tadi pertama masuk di bawah mereka merasa puas dengan pelayanan sehingga berbondong-bondong yang datang. Selain kesadaran pajak semakin meningkat, ada kenyamanan juga ada pada pelayanan," ujarnya.

Ia menghimbau segenap lapisan masyarakat untuk sukseskan program pemerintah akan wajib pajak. Sebagai warga negara yang baik maka harus melaporkan kewajibannya. Karena kembalinya kepada masyarakat. Masyarakat bisa menikmati berbagai program dari pemerintah itu anggarannya dari pajak. Jadi jangan bermalas-malasan untuk laporkan pajak. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved