Apresiasi, 8 Desa di Manggarai Barat Cairkan Dana Desa di Bulan Januari

ebanyak delapan desa di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah sukses mencairkan dana desanya pada Rabu, (29/1) senilai Rp4.305.645.000.

Apresiasi, 8 Desa di Manggarai Barat Cairkan Dana Desa di Bulan Januari
POS KUPANG
Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Lydia Kurniawati Christyana,menjelaskan soal alokasi APBN untuk NTT di Redaksi Pos Kupang, Selasa (15/1/2019). 

POS-KUPANG.COM |KUPANG  - Sebanyak delapan desa di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah sukses mencairkan dana desanya pada Rabu, (29/1) senilai Rp4.305.645.000. Secara nasional, tercatat hanya 9 pemerintah kabupaten termasuk Manggarai Barat yang berhasil mencairkan dana desa di bulan Januari 2020.

Tahun 2020, Kabupaten Manggarai Barat yang memiliki 164 desa dengan pagu dana desa mencapai Rp151,274 miliar. Sementara, Alokasi Dana Desa (ADD) di NTT Rp3,09 triliun meningkat Rp69,55 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

"Apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang telah proaktif berkoordinasi dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ruteng untuk dapat segera menyalurkan Dana Desa lebih awal," kata Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTT, Lydia Kurniawati Christyana dalam rilis yang diterima Rabu (29/1)

Harga Telur Ayam Sentuh Angka Terendah

Stok Pupuk Subsidi Hingga 2021

Lydia mengungkapkan, dengan jumlah desa mencapai 3.026 desa, maka secara rata-rata setiap desa di NTT mendapatkan alokasi Dana Desa mencapai Rp1,02 miliar pada tahun ini. Lebih lanjut, jika alokasi 40 persen (tahap I) bisa dicairkan pada awal tahun, maka akan terdapat dana sebesar Rp1,2 triliun di desa yang dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat dan menggerakan potensi ekonomi di desa.

Ia mengatakan, peningkatan porsi penggunaan Dana Desa terutama untuk pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi ekonomi desa serta perubahan kebijakan pengalokasian Dana Desa merupakan langkah penyempurnaan kebijakan dana desa tahun 2020.

Bahkan dalam rapat kabinet Desember 2019, Presiden Jokowi telah menginstruksikan agar Dana Desa Tahun 2020 ini dapat disalurkan ke Desa pada bulan Januari.

Jadi Terbaik Dapat Hadiah

Sejalan dengan instruksi presiden, melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019, skema penyaluran Dana Desa Tahun 2020 diubah menjadi 40:40:20 dari sebelumnya 20:40:40. Artinya porsi penggunaan dana desa dipercepat yaitu 40 persen di tahap pertama, 40 persen tahap kedua dan 20 persen tahap ketiga.

"Selain itu, Dana Desa juga dapat dicairkan di bulan Januari, sepanjang memenuhi persyaratan penyaluran yaitu Peraturan Kepala Daerah (Perkada) mengenai rincian alokasi Dana Desa yang diterbitkan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota yang memiliki Desa, Peraturan Desa (PerDes) mengenai APBDes , dan Surat Kuasa Pemindahbukuan dari Kepala Daerah," jelas Lydia

Pemerintah juga memberikan hadiah kepada desa-desa dengan kinerja terbaik melalui pemberian Alokasi Kinerja (AK) sebesar 1,5 persen dari total pagu dana desa. Bahkan demi mempercepat penyaluran ke pemerintah desa, penyaluran dana desa dilakukan melalui transfer secara langsung dari (Rekening Kas Umum Negara) ke Rekening Kas Desa (RKD).

Halaman
12
Penulis: Hermina Pello
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved