Kepala RST. Wirasakti Himbau Faskes Lakukan Penyuluhan.

Berdasarkan data yang dihimpun pihak RST Wirasakti Kupang sehubungan dengan jumlah pasien DBD (demam berdarah dengue)

Kepala RST. Wirasakti Himbau Faskes Lakukan Penyuluhan.
POS KUPANG/VINSEN HULER
Kepala RST Wirasakti, Mayor Corps Kesehatan Militer. dr. Burhanudin Mursyid, SPb ( berbaju Loreng) dan Wakil Kepala RST Wirasakti, Kapten Corps Kesehatan Militer, Kandidus Ony, AMR. Seusai Diwawancarai POS KUPANG.COM. Selasa,( 28/1) di ruangan kerjanya. 

Kepala RST. Wirasakti Himbau Faskes Lakukan Penyuluhan.

POS KUPANG.COM| KUPANG-- Berdasarkan data yang dihimpun pihak RST Wirasakti Kupang sehubungan dengan jumlah pasien DBD (demam berdarah dengue) pada tahun 2019 berjumlah 48 orang.

Hal ini dikatakan Kepala RST Wirasakti Kupang, Mayor Corps Militer dr. Burhanudin Mursyid, S.Pb, ketika ditemui di ruang kerjanya pada, Selasa, ( 28/1.)

Dikatakan Burhanudin, ada pun rincian para pasien yang terpapar DBD tahun 2019 sebagai berikut: Pada bulan Januari sebanyak 17 Pasien, Februari 20 Pasien, Maret 3 Pasien, April 2 Pasien dan Mei 6 Pasien.

Namun, pada bulan Juni-Desember 2019, tidak ada laporan pasien DBD yang dirawat di Rumah Sakit Tentara Wirasakti.

Sedangkan berdasarkan data sementara yang dihimpun, ujar Burhanudin, pada tanggal 1 -28 Januari 2020, tercatat sebanyak 10 pasien yang diserang DBD. Dengan rincian antara lain: 3 pasien masih dirawat dan 7 pasien lainnya sudah dipulangkan.

Dikatakan Burhanudin, Pada periode januari 2020, tersisa 3 pasien DBD; semuanya bayi dan anak-anak. Masing-masing berumur, 6 bulan, 9 tahun dan juga berusia 9 tahun.

Ketiga pasien ini, beber Burhanudin, dirawat oleh Dokter Spesialis Anak di ruangan Cendana.

" Biasanya kalau penyakit DBD yang diderita oleh anak-anak, didiagnosa gejalanya dulu, kalau panas dikasih obat-obatan, lalu multi-vitamin dan cairan. Selanjutnya dipantau perkembangan dan laporannya. jika sampai trombositnya sudah normal dan tidak panas lagi, itu berarti sudah stabil dan diperbolehkan untuk pulang, " Kata Burhanudin.

Menurut Burhanudin, semua pasien yang dirawat di RST Wirasakti pada tahun 2019 dan 2020 ini, tidak ada pasien yang meninggal. Karena rata-rata pasien yang dirawat didiagnosa DBD tingkat I dan II. Ada juga pasien yang sampai pada Tingkat DHF (Dengue hemorrhagic fever) yakni 1 orang tetapi dapat diobati dengan baik

Lebih lanjut dikatakan Burhanudin, dari data ini, semua pasien DBD yang dirawat, tidak ada seorang pun yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah. Jadi cukup dirawat di sini

Personil Gabungan TNI-Polri juga Satpol PP Sweeping Sajam di Kupang Timur

HEBOH Wanita Meninggal di Bandara Seokarno Hatta Diduga Corona, Bandara Jelaskan Fakta Sebenarnya

Burhanudin mengimbau kepada tim penyuluh fasilitas kesehatan yang terdekat agar melakukan penyuluhan kepada masyarakat khususnya berkaitan dengan slogan pencegahan DBD yaitu ‘3 M’ menguras, menutup dan mengubur. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Vinsen Huler) 

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved