Petani Belu Semangat Olah Lahan Sawah Tadah Hujan, TNI Siap Tenaga Bantu Petani

Para petani Kabupaten Belu semangat olah lahan sawah tadah hujan, TNI siap tenaga bantu petani

Petani Belu Semangat Olah Lahan Sawah Tadah Hujan, TNI Siap Tenaga Bantu Petani
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Personel Pos Delomil Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ membantu membajak sawah petani Delomil, Kabupaten Belu, Senin (27/1/2020). 

Para petani Kabupaten Belu semangat olah lahan sawah tadah hujan, TNI siap tenaga bantu petani

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Sawah yang mengandalkan air hujan atau yang kerap disebut sawah tadah hujan memiliki tantangan tersendiri bagi petani. Petani bisa mengolah sawah jika hujan turun. Tidak ada pilihan lain kecuali menerima keadaan alam. Namun para petani tetap semangat menjalani usaha pertanian.

Para petani berpacu mengolah sawah tadah hujan seiring dengan curah hujan yang turun. Ketika hujan turun, petani harus memanfaatkan dengan baik agar olahan sawah bisa selesai dan dilanjutkan dengan penanaman padi.

Antisipasi Virus Corona, 2 Orang Petugas Kesehatan Sudah Bertugas di Bandara Komodo

Seperti yang dialami petani di Desa Makir, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Petani nyaris "berlomba" dengan hujan. Ketika hujan turun, petani juga harus mengolah sawahnya saat itu juga.

Sistem pertanian seperti ini membutuhkan tenaga lebih banyak dan mesti menggunakan alat teknologi (traktor) agar pengolahan lahan bisa lebih cepat. Apalagi bagi petani yang memiliki areal sawah besar, otomatis sangat membutuhkan tenaga banyak dan alat teknologi.

Paroki Ka Redong Canangkan Tahun 2020 Sebagai Tahun Penggembalaan

Kondisi ini memotivasi personel Pos Delomil Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ untuk membantu petani dalam hal tenaga guna membajak sawah.

Empat personel Pos Delomil dipimpin Pratu Rohmat langsung terjun ke sawah dan membantu bajak sawah milik Thio Bere (35), warga Delomil, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Provinsi NTT.

"Personil kami lakukan kegiatan pengolahan sawah di Desa Makir dipimpin oleh Pratu Rohmat bersama 3 orang personel Pos Delomil lainnya. Mereka membantu bajak sawah milik Bapak Thio Bere, warga di wilayah binaan Pos Delomil", ungkap Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, Ikhsanudin, S.Sos.,M.M kepada wartawan, Senin (27/1/2020).

Menurut Ikhsanudin, personil yang mengikuti kegiatan olah lahan bersama petani itu sudah mendapat pembekalan dari Dinas Pertanian Provinsi Jambi sebelum datang bertugas menjaga wilayah perbatasan RI-RDTL Sektor Timur. Oleh karena itu, tidaklah heran jika ada personil satgas Yonif Raider 142/KJ yang mampu mengoperasikan traktor.

Selain itu, personil satgas bisa menanam padi, cara merawat tanaman padi dan memberikan penyuluhan pertanian kepada petani.

Halaman
12
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved