Soal Virus Corona - Domi Mere : Kita Sudah Aktifkan Thermal Scanner di Bandara dan Pelabuhan

Soal virus corona - Domi Mere : kita sudah aktifkan thermal scanner di Bandara dan pelabuhan

Soal Virus Corona - Domi Mere : Kita Sudah Aktifkan Thermal Scanner di Bandara dan Pelabuhan
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg Dominikus Minggu Mere, M.Si saat ditemui usai pengambilan sumpah dan pelantikan dokter periode XXIV, Januari 2020 Fakultas Kedokteran (FK) Undana, Jumat (24/1/2020). 

Soal virus corona - Domi Mere : kita sudah aktifkan thermal scanner di Bandara dan pelabuhan

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur ( Pemprov NTT) telah meminta Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP) di Bandara El Tari Kupang dan beberapa bandara dan pelabuhan laut di NTT segera mengaktifkan thermal scanner atau alat untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang.

Upaya ini ditempuh untuk mengantisipasi masuknya penyakit pneumonia yang disebabkan virus corona di wilayah NTT.

Masturbasi di Dalam Mobil di Pinggir Jalan, Pria Ini Ditangkap Polisi, Ini Ancaman Hukumannya

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) NTT, drg. Dominikus M. Mere, M. Kes, Jumat (24/1/2020).

Menurut Dominikus, memang saat ini di Indonesia belum ada laporan korban akibat penyakit Pneumonia yang disebabkan virus corona, namun pemerintah tetap melakukan upaya-upaya pencegahan dan untuk di NTT, pihaknya telah meminta semua Bandara, terutama bandara internasional untuk mengaktifkan Thermal Scanner.

"Saya sudah berkordinasi minta KKP di Bandara El Tari dan Bandara Komodo di Labuan Bajo supaya segera mengaktifkan Thermal Scanner, " kata Domi sapaan Dominikus Mere.

Rakor 9 Balon Bupati yang Diusung Golkar di NTT, Dua Balon Manggarai Berpeluang Sama

Dijelaskan, Kemenkes RI telah mengirim surat ke seluruh jajarannya, baik aparat di tingkat daerah sebagai perpanjangan tangan dari Kemenkes RI termasuk Dinkes Provinsi dan Kabupaten maupun Kota agar melakukan kewaspadaan dini untuk mengantisipasi masuknya penyakit pneumonia yang disebabkan oleh virus corona.

"Selanjutnya secara provinsi ,kabupaten dan kota ,kita di NTT berkoordinasi dengan aparat dari KKP Kupang yang merupakan perpanjangan tangan dari Dirjen Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Kemenkes RI agar selalu siaga," katanya.

Soal antisipasi, ia mengakui, saat ini pemerintah telah menyiapkan sembilan Thermal Scanner dan telah didistribusi ke sejumlah titik, baik bandara maupun pelabuhan di NTT untuk memonitor setiap orang atau penumpang,kedatangan terutama dari daerah- daerah endemis.

Dia merincikan, sembilan Thermal Scanner itu ada di Bandara El Tari Kupang sebanyak dua Thermal Scanner, di Motamasin juga mendapat dua Thermal Scanner, di Mota'ain sebanyak dua Thermal Scanner, di Pelabuhan Wini juga ditempatkan dua Thermal Scanner dan di Labuan Bajo satu Thermal Scanner.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved