Dinas Dukcapil Kota Kupang Layani Pembuatan e- KTP Langsung Jadi

Asalkan, masyarakat sendiri yang mengurus serta membawa bukti perekaman dan Kartu Keluarga (KK).

Dinas Dukcapil Kota Kupang Layani Pembuatan e- KTP Langsung Jadi
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Kadis Dukcapil Kota Kupang, Drs. Agus Ririmasse, M.Si 

Dinas Dukcapil Kota Kupang Layani Pembuatan e- KTP Langsung Jadi

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Untuk mengatasi persoalan administrasi kependudukan (Adminduk) terutama Kartu Tanda Penduduk (KTP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil )Kota Kupang menyiapkan pelayanan e-KTP yang langsung jadi. Asalkan, masyarakat sendiri yang mengurus serta membawa bukti perekaman dan Kartu Keluarga (KK).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang, Drs. Agus Ririmasse,M.Si , Sabtu (25/1/2020).

Menurut Agus, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Dinas Dukcapil memberikan perhatian kepada masyarakat terkait persoalan Adminduk khususnya pelayanan e-KTP.

Mantan Camat Kelapa Lima,Kota Kupang ini menjelaskan, langkah yang diambil adalah memberi pelayanan e-KTP yang vepat bagi masyarakat.

"Ini merupakan bukti nyata kepedulian Wali Kota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, M.M, M.H, yang hadir dengan berbagai terobosan baru dalam setiap aspek pelayanan kemasyarakatan di Kota Kupang, Pak Wali menginstruksikan kepada saya untuk selalu peka terhadap persoalan e-KTP," kata Agus.

Dikatakan, beberapa tahun yang lalu proses pengurusan adminduk menjadi persoalan serius di Kota Kupang, namun di bawah kepemimpinan Wali Kota yang akrab disapa Jeriko tersebut disiapkan anggaran untuk pembelian blanko e-KTP.

"Namun pihak Dukcapil masih menunggu petunjuk Direktorat Jenderal Kepedudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) terkait mekanisme pengadaan blanko melalui hibah dari Ditjen," katanya.

Menurut Agus, kegiatan ini sudah mulai sejak Rabu (22/1/2020), dimana Dinas Dukcapil Kota Kupang telah melayani sebanyak 500-an warga setiap hari, layanan e-KTP langsung jadi pada Dinas Dukcapil Kota Kupang akan kembali dibuka pada hari Senin (27/1/2020), mulai pukul 08.00 wita- 14.00 wita.

Dia mengharapkan, masyarakat yang belum memiliki e-KTP bisa mengurusnya mulai dari perekaman, kemudian bukti perekaman dibawa bersama KK ke Dukcapil Kota Kupang.

"Untuk hindari calo, kita minta masyarakat datang dan urus sendiri. Bawalah bukti perekaman dan KK. Datang sendiri dan tidak diperkenankan melalui pihak lain. Apabila ada anak yang bersekolah atau kuliah di luar daerah, orang tua bisa mengambil dengan menunjukan KK dan KTP orang tua yang bersamgkutan," ujarnya.

Desa Wologai Timur Gelar Pelatihan Bagi Karang Taruna

BPS Ende Gelar Pelatihan Bagi Petugas Sakernas

Sebelumnya Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, optimis persoalan e-KTP bisa diselesaikan pada tahun 2020. Mantan anggota DPR RI dua periode ini melakukan terobosan dengan membuka pelayanan e-KTP langsung jadi, intruksi tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Dukcapil Kota Kupang.(Laporan Reporter POS-UPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved