Desa Wologai Timur Gelar Pelatihan Bagi Karang Taruna

perhatian terhadap generasi muda sangat penting untuk mendorong partisipasinya dalam membangun desa.

Desa Wologai Timur Gelar Pelatihan Bagi Karang Taruna
POS KUPANG/ISTIMEWA
Peserta pelatihan karang taruna di Desa Wologai Timur, Kecamatan Lepembusu Kelisoke, Kabupaten Ende. 

Desa Wologai Timur Gelar Pelatihan Bagi Karang Taruna

POS-KUPANG.COM|ENDE--Pemerintah Desa Wologai Timur, Kecamatan Lepembusu Kelisoke, Kabupaten Ende menggelar pelatihan penguatan kapasitas kader Karang Taruna Oto Leke.

Pelatihan berupa penataan manajemen organisasi dan praktek lapangan. Kegiatan pelatihan ini bertujuan memperkuat organisasi karang taruna dalam pembangunan desa.

Informasi yang diterima Pos Kupang, Sabtu (25/1) dari Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Ende Dikson Amtiran, mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan dilakukan pada, Rabu (22/10) di Kantor Desa Wologai Timur dengan menghadirkan nara sumber dari Dinas Sosial Kabupaten Ende dan Pemerintah Kecamatan Lepembusu Kelisoke.

Dikson yang membawakan materi tentang manajemen organisasi dan peran kaum muda dalam pemberdayaan desa mengatakan bahwa pemuda, adalah segmen penting dalam menggerakan potensi melalui kreativitas usaha ekonomi di desa.

Oleh karena itu para pemuda diharapkan mampu memanfaatkan kemampuan yang dimiliki untuk membangun desa serta jangan berorenatasi menjadi PNS atau mencari pekerjaan di kota.

Dikatakan saat ini pemerintah telah memberikan banyak dana untuk membangun desa dan dana desa yang ada selain untuk membangun infrastruktur juga mendorong peningkatan kapasitas kelembagaan di desa termasuk meningkatkan kapasitas pemuda.

Kepala Desa Wologai Timur Aprianus H. Mbusu, mengatakan perhatian terhadap generasi muda sangat penting untuk mendorong partisipasinya dalam membangun desa.

Menurutnya, karang taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan, dan kesenian.

Aprianus mengatakan pihaknya memberikan pelatihan agar anak muda di desa dapat memahami manajemen organisasi dan kecintaan terhadap desa dan juga dengan dengan pelatihan tersebut dapat memacu kreativitas orang muda untuk berusaha dan berimovasi.

Ketua Karang Taruna Oto Leke Desa Wologai Timur, Romanus Setu mengungkapkan komitmennya untuk menerapkan manajemen organisasi dengan membangun kerja sama tim.

BPS Ende Gelar Pelatihan Bagi Petugas Sakernas

Jawaban Bibi Ardiansyah saat Ditanya Soal Malam Pertamanya, Vanessa Angel Tersipu Malu

Pihaknya ujar Romanus menyampaikan terima kasih kepada Pemdes Wologai Timur yang telah mendukung aktivitas karang taruna di desa yang menurutnya dapat menjadi modal bagi muda untuk mengembangkan potensi diri dalam organisasi.(Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved