Layanan Internet di Papua Tergantung Kondisi Palapa Ring di Kupang

Kondisi layanan internet di Papua sangat tergantung pada layanan optik dari Palapa Ring di Kota Kupang, Provinsi NTT

Layanan Internet di Papua Tergantung Kondisi Palapa Ring di Kupang
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Suasana rapat dengar pendapat Komisi I DPR RI di Aula Hotel Sotis , Kamis 23/1/2020) petang. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kondisi layanan internet di Papua sangat tergantung pada layanan optik dari Palapa Ring di Kota Kupang, Provinsi NTT.

Palapa Ring di Kupang merupakan jalur selatan yang bisa menghubungkan Papua dengan Jakarta.

Hal ini disampaikan Direktur Badan aksesibilitas telekominikasi dan informasi (BAKTI), Anang Latif saat mendampingi Komsi I DPR RI memantau Palapa Ring di Batunona, Kota Kupang,NTT, Kamis (23/1/2020).

Bupati Don Sampaikan Klarifikasi Terkait Pernyataan Kontroversialnya di Hadapan DPRD Nagekeo

Menurut Anang, titik yang ada dk Kupang itu dikenal dengan nama Network Operation Center (NOC). NOC ini adalah tempat administrator yang mengawasi, memantau dan mengamankan jaringan komunikasi.

"NOC di Kupang ini juga ibarat sebagai jalan tol atau gerbang tol yang menghubungkan Kupang hingga Papua. Karena itu, kalau ada gangguan pada jaringan di Kupang, maka jaringan komunikasi di Papua akan terputus," kata Anang.

Sekjen BMPS, Romo Darmin Mbula: Konsep Merdeka Belajar Harus Juga Dilakukan Guru

Dijelaskan, bagaimanapun juga Papua pasti terhubung ke Jakarta dari sisi komunikasi. Jaringan tersebut ada yang dari bagian utara dan selatan.

"Jaringan Papua ke Jakarta dari bagian utara melalui Maluku, sedangkan dari bagian selatan melalui Kupang. Karena itu, jika ada apa-apa di Kupang, maka jaringan komunikasi di Papua macet, sehingga harus mencari alternatid melalui jalur utara ,yakni Maluku," katanya.

Karena itu, lanjutnya, titik di Kupang sangat strategis, sebab apabila terjadi gangguan di Kupang, maka otomatis di Papua juga putus komunikasi.

"NOC di Kupang memang sangat strategis untuk keberlangsungan dan kehandalan jaringan karena dapat menghubungkan dari ujung ke ujung di seluruh titik Indonesia," katanya.

Ketua Tim Komisi I DPR RI, Dr. H.Abdul Kharis Almasyhari mengatakan, hadirnya Palapa Ring di NTT diharapkan dapat memberi dampak komunikasi bagi masyarakat NTT.

"Prinsipnya, warga Indonesia harus terhubung internet. Pemerintah sudah siapkan Palapa Ring sehingga operator bisa menyewa," kata Abdul.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini mengatakan, pemerintah telah menyiapkan jaringan dan operator menyewa.

"Tujuan agar semua warga mendapat akses yang sama terhadap internet," katanya.

Hadir pada kunjungan kerja spesifik ini Kadis Kominfo NTT dan jajaran serta Kepala SMAN 5 Kota Kupang.

Usai kunjungan, dilanjutkan dengan rapat dengar pendapat di Hotel Sotis, Kota Kupang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved