Andre Koreh Pimpin PII Cabang Kupang, PII Pusat-Undana Kupang Tanda Tangan MoU

Mantan Kadis PUPR NTT Andre W Koreh Pimpin PII Cabang Kupang, PII Pusat-Undana Kupang tanda tangan MoU

Andre Koreh Pimpin PII Cabang Kupang, PII Pusat-Undana Kupang Tanda Tangan MoU
POS-KUPANG.COM/KANIS JEHOLA
Ketua Umum Pengurus Pusat PII, Ir. Heru Dewanto, M.Sc (Eng), IPU, ASEAN Eng, dan Rektor Undana Kupang, Prof. Dr. Fredrik L Benu, M.Si, Ph.D, menunjukkan dokumen kerja sama yang sudah ditandatangani keduanya, di Neo Aston Hotel Kupang, Kamis (23/1/2020) pagi. Penandatanganan MoU disaksikan Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc, IPU, ASEAN Eng (Guru Besar Tekni Geofisika ITB); Ir. Faisal Safa, M.Sc, IPU, ASEAN Eng (Direktur Eksekutif PII Pusat) dan Ketua PII Cabang Kupang, Dr. Ir. Andre W Koreh, MT. 

Mantan Kadis PUPR NTT Andre W Koreh Pimpin PII Cabang Kupang, PII Pusat-Undana Kupang tanda tangan MoU

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Mantan Kepala Dinas PUPR NTT, Dr. Ir. Andre W Koreh, MT resmi dilantik menjadi Ketua PII Cabang Kupang masa bakti 2018-2021. Andre beserta anggota pengurus PII Cabang Kupang lainnya dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Pusat PII, Ir. Heru Dewanto, M.Sc (Eng), IPU, ASEAN Eng, di Neo Aston Hotel Kupang, Kamis (23/1/2020) pagi.

Acara pelantikan pengurus PII (Persatuan Insinyur Indonesia) Cabang Kupang ini dilakukan setelah acara penandatanganan MoU PII Pusat dengan Universitas Nusa Cendana Kupang untuk Program Profesi Insinyur (PPI).

Lihat Detik-detik Saat Munculnya Buaya di Warambadi Palanggai, Sumba Timur

Penandatanganan MoU untuk penyelenggaraan PPI ini dilakukan Ketua Umum Pengurus Pusat PII, Ir. Heru Dewanto, M.Sc (Eng), IPU, ASEAN Eng, dan Rektor Undana Kupang, Prof. Dr. Fredrik L Benu, M.Si, Ph.D.

Hadir pada kesempatan itu Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc, IPU, ASEAN Eng (Guru Besar Tekni Geofisika ITB); Dr. drh. Maxs U.E Sanam, M.Sc (Wakil Rektor I Undana Kupang); Ir. Faisal Safa, M.Sc, IPU, ASEAN Eng (Direktur Eksekutif PII Pusat), para pengurus PII Cabang Kupang, Mantan Kadis PU NTT, Ir. Piter Djami Rebo, M.Si; beberapa dekan dan dosen teknik Undana Kupang, serta beberapa unsur dari badan usaha jasa konstruksi.

Ketua PII Cabang Kupang, Dr. Ir. Andre W Koreh, MT mengatakan, kehadiran PII sebenarnya sama dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Hanya saja Undang-Undang Keinsinyuran baru hadir tahun 2014, yaitu setelah diterbitkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Keinsinyuran.

Cegah Virus Corona, Koordinator Karantina Wilayah Kerja PLBN Wini Pasang Alat Thermal Scanner

"Rentang waktunya cukup lama untuk mendapat legitimasi dari negara. Padahal PII ini mulai ada sejak tahun 2007," katanya.

Andre mengharapkan setelah dilantiknya PII Cabang Kupang, nantinya akan ada PII cabang di daerah-daerah. Selain itu juga ada PII Wilayah NTT.

"Penandatanganan kerja sama atau MoU dengan Undana Kupang hari ini merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan peran PII. Kita berharap proses pelantikan hari ini akan diikuti dengan proses akreditasi selanjutnya," katanya.

Sementara Rektor Undana Kupang, Prof. Dr. Fredrik L Benu, M.Si, Ph.D mengatakan, penandatanganan kerja sama atau MoU dengan PII untuk membuka Program Profesi Insinyur (PPI) merupakan tantangan dan dorongan bagi Undana Kupang untuk membuka lagi satu program studi.

"Saat ini di Undana sudah ada 47 program studi S1 dan 10 program studi S2. Dengan MoU ini berarti tantangan baru lagi untuk buka satu program studi," katanya.

Sementara Ketua PII Pusat, Ir. Heru Dewanto, M.Sc (Eng), IPU, ASEAN Eng, mengatakan, PII kerja sama dengan Perguruan Tinggi (PT) untuk melahirkan insinyur yang sah oleh negara untuk bekerja.

Heru Dewanto juga menyambut baik gagasan Andre Koreh agar ada PII Wilayah NTT. "Kalau saya usul, Rektor Undana pimpin PII Wilayah NTT," kata Heru.

Seusai pelantikan pengurus dan tanda tangan MoU dilanjutkan panel diskusi dengan thema: Peran dan Tantangan Tenaga Teknik Profesional dalam Pembangunan Nasional di Era Revolusi Industri 4.0. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Kanis Jehola)

Penulis: Kanis Jehola
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved