TRIBUN WIKI

TRIBUN WIKI : Begini Alasan Danau Kelimutu Menjadi Spesial

Setiap tahunnya diadakan upacara pemberian makan arwah nenek moyang pada setiap tanggal 14 Agustus di danau Kelimutu.

TRIBUN WIKI : Begini Alasan Danau Kelimutu Menjadi Spesial
IST
Danau Kelimutu berubah warna 

TRIBUN WIKI : Begini Alasan Danau Kelimutu Menjadi Spesial

POS-KUPANG.COM-- Danau Kelimutu merupakan sebuah keajaiban alam yang tersembunyi di balik bukit tinggi nan menjulang, kini tersingkap hingga keseluruh alam. Daya tariknya yang begitu besar tidak dapat menahan rasa penasaran bagi setiap orang yang mendengar. Keajaibannya menjadi perbincangan hangat negara luar.

Sebagaimana yang dikutip dari buku menyikap pesona Danau Arwah yang diterbitkan oleh Taman Nasional Kelimutu menyatakan bahwa danau ini menjadi sangat spesial dikarenakan selain terdapat tiga kawah yang saling berdekatan, juga memiliki warna air danau yang berbeda setiap kawah.

Selain itu warna air danau ini selalu berubah dengan waktu yang tidak pasti, hingga saat ini danau Kelimutu merupakan kawasan gunung berapi yang masih aktif.

Inilah yang menjadi alasan mengapa warna air danau Kelimutu dapat berubah. Dikarenakan adanya aktifitas vulkanik yang terjadi, beberapa kandungan kimia yang mempengaruhi ialah berupa garam besi, sulfat dan mineral lainnya serta tekanan gas dan sinar matahari.

Daya tarik danau Kelimutu tidak terlepas dari mitos yang berkembang. Masyarakat sekitar percaya bahwa danau Kelumutu merupakan tempat bersemayamnya arwah nenek moyang.

Kawah yang pertama adalah kawah Tiwu Nuwa Muri Ko Fai yang merupakan tempat bersemayamnya jiwa – jiwa yang semasa mudanya berbuat kejahatan.

Selanjutnya danau Tiwu Ata Mbupu yang merupakan tempat bersemayamnya jiwa orang tua atau bijaksana.
Sebagaian orang juga percaya bahwa perubahan warna air danau merupakan pertanda akan sesuatu yang terjadi di suatu negara atau di Indonesia khususnya. Kepercayaan ini menjadi suatu penjagaan bagi Danau kelimutu itu sendiri.

Setiap tahunnya diadakan upacara pemberian makan arwah nenek moyang pada setiap tanggal 14 Agustus di danau Kelimutu.

Kepala Tata Usaha, Taman Nasional Kelimutu,Joko Waluyo kepada Pos Kupang.Com, Kamis (23/1) mengatakan bahwa selain Danau Kelimutu yang menjadi jualan utama atau icon, pihaknya juga melakukan berbagai kegiatan untuk mendukung keberadaan Danau Kelimutu seperti menggelar kegiatan traking menuju Kelimutu juga mengembangkan kerjsama dengan warga sekitar Danau Kelimutu.

Selain itu mempromosikan berbagai satwa dan pesona alam yang berada di Taman Nasional Kelimutu.

KPM PKH Diminta Jadi Pioner Pembangunan di Desa, Sima Liputannya

Kapolsek Nangaroro Sambangi Ibu-Ibu Kelompok Kepabiu, Berikut Liputannya!

Dengan demikian ketika wisatawan yang dating ke Kelimutu mereka tidak saja menikmati keindahan Danau Kelimutu namun juga memiliki alternative lain sesuai menikmati keindahan Kelimutu.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romoaldus Pius)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved