Pemkab Malaka Hibahkan Dana Rp 2,5 M ke Polres Malaka untuk Pengamanan Pilkada Malaka

Pihak Pemkab Malaka menghibahkan dana Rp 2,5 M ke Polres Malaka untuk pengamanan Pilkada Malaka

POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dan Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno menandatangan NPHD dalam rangka Pengaman Pilkada, di Aula Kantor Bupati Malaka, Kamis (23/01/2020). 

Pihak Pemkab Malaka menghibahkan dana Rp 2,5 M ke Polres Malaka untuk pengamanan Pilkada Malaka

POS-KUPANG.COM | BETUN - Pemerintah Kabupaten Malaka ( Pemkab Malaka) menghibahkan dana sebesar Rp 2,5 M kepada Kepolisian Resor Malaka ( Polres Malaka) untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Malaka ( Pilkada Malaka) tahun 2020.

Penghibahan dana tersebut tertuang dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Kabupaten Malaka dan Polres Malaka. Penandatanganan NPHD dilakukan Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH dan Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno, SH di Aula Kantor Bupati Malaka, Kamis (23/01/2020). Penandatanganan NPHD disaksikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Devi Ndolu.

Menjelang Testing CPNS di Manggarai Barat, Petugas BKN Pantau Persiapan di Labuan Bajo

Hadir saat itu, Ketua KPU Kabupaten Malaka, Makarius Bere Nahak, Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka, Petrus Nahak Manek, para pejabat Lingkup Pemkab Malaka dan pejabat Polres Malaka.

?Dalam sambutannya, Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan, penandatangana NPHD tersebut seharusnya sudah dilaksanakan tahun 2019 tetapi karena sedang dalam masa transisi Polres sehingga baru dilaksanakan, Kamis (23/1/2019).

Direktur dan Dewas Perumda Sandelwood dan Dewas Perumda Air Minum Matawai Amahu Dilantik

Bupati Stef merasa bersyukur karena di saat pemerintah menyelenggarakan pilkada, kita diberikan satu institusi baru untuk menjaga keamanan yaitu Polres Malaka.

Bupati Stef mengatakan, penyelenggaraan Pilkada Malaka harus aman, tertib dan damai. Tugas utama pengamanan adalah polisi dibantu TNI. Untuk mewujudkan pilkada yang aman, tertib, lancar dan damai dibutuhkan aparat keamanan dan anggaran dalam mendukung tugas.

Dana pengamanan pilkada digunakan secara bertahap karena anggaran ABPD lebih banyak dari pemerintah pusat dan dicairkan secara bertahap. Bupati memerintah badan keuangan daerah agar segera mencair dana kepada Polres Malaka karena KPU dan Bawaslu sudah dicairkan. Ketiga institusi ini bekerja saling beriringan dalam penyelenggaraan Pilkada.

?Bupati Stef berharap, anggaran yang sangat terbatas itu dapat digunakan dan dipertanggungjawabkan dengan baik sehingga institusi kepolisian, dalam hal ini Polres Malaka menjadi contoh bagi institusi lain.

Lanjut Bupati Stef, ada lima indikasi laporan keuangan yang baik, yakni dimanfaatkan sesuai peruntukannya, dimanfaatkan sesuai mekanisme, dalam pemanfaatannya tidak bocor, pembukuannya sesuai mekanisme dan dibuktikan dengan bukti yang valid.

Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno, S.H dalam sambutannya mengungkapkan, sebagai pimpinan Polri di Kabupaten Malaka, dirinya mengapresiasi kepada Pemerintah dan DPRD Kabupaten Malaka yang telah mendukung Polri dalam mengemban tugasnya di Kabupaten Malaka.

Penandatanganan NPHD tersebut kata Kapolres Albert merupakan wujud dukungan yang tulus dari pemerintah dan DPRD Kabupaten Malaka kepada Polres Malaka untuk menjalankan tugas pengamanan dan pengawalan pilkada Malaka 2020.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Devi Hermin Ndolu mengatakan, penyerahan dana hibah tersebut telah melalui tahapan panjang. Jika melihat jumlahnya, rasanya kurang jika dibandingkan dengan proses Pilkada yang panjang.
Namun, Devi optimis, Polres Malaka dapat melaksanakan tugas pengamanan dengan sangat baik.

"Saya yakin aparat kepolisian, walau dalam segala keterbatasan, tetap melaksanakan tugas pengamanan dengan sangat baik", tutur Devi.

Devi berharap, walau dengan keterbatasan yang ada, Polisi tetap menjamin penyelenggaraan Pilkada yang aman, damai dan tertib tanpa gesekan-gesekan yang mencederai nilai persaudaraan di Malaka. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved