Redemptus dan Monika Siap Ikut PLP 1

Kegiatan PLP 1 merupakan muara dari program pendidikan yang telah dihayati dan dialami mahasiswa calon guru di bangku kuliah

Redemptus dan Monika Siap Ikut PLP 1
istimewa
Ket: Suasana pembekalan PLP 1 mahasiswa STKIP Citra Bakti Ngada di Aula Kampus STKIP Ngada Malanuza 

Redemptus dan Monika Siap Ikut PLP 1

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Sebanyak 183 mahasiswa Semester IV Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( STKIP) Citra Bakti Ngada mengikuti pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1.

Kegiatan tersebut digelar di Aula STKIP Citra Bakti Ngada, Selasa (21/01/2020).

Kegiatan PLP 1 merupakan muara dari program pendidikan yang telah dihayati dan dialami mahasiswa calon guru di bangku kuliah.

PLP 1 dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan ajang pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam rangka pembentukan profesionalisme guru yang sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sesuai tuntutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

Redemptus Seso Mau dan Monika Kolo merupakan dua diantara ratusan mahasiswa yang ikut pembekalan.

Redemptus mengaku sudah siap mengikuti PLP 1 tahun 2020 baik itu di Kabupaten Ngada maupun Nagekeo.

Remdemptus mengaku semua tergantung pihak kampus, jika kampus memutuskan kepada dirinya ikut PLP 1 di sekolah yang di Kabupaten Ngada dirinya sangat siap begitupun sebaliknya jika ditempatkan disekolah yang ada di Nagekeo dirinya juga sangat siap.

Sementara itu, Monika Kolo, mengaku bangga sudah mengikuti pembekalan dari kampus. Sehingga ada bekal yang dibawa mahasiswa ketika sampai di lapangan nanti.

Monika berharap agar semuanya berjalan aman dan lancar sehingga PLP 1 tahun 2020 bisa diselesaikan dengan baik.

Sementara itu, staf Humas STKIP Citra Bakti Ngada, Prisko Djawariah, menyampaikan, mahasiswa-mahasiswa yang ikut PLP 1 terdiri dari beberapa program studi diantaranya program studi Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Musik, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru- Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD).

Sejumlah mahasiswa akan melaksanakan PLP 1 di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Ngada dan Nagekeo.

Ia mengaku mahasiswa berada di lapangan selama kurang lebih tiga bulan.

Prisko menyebutkan materi PLP 1 kali ini adalah sejumlah mata pelatihan yang terkait dengan tugas-tugas mengajar dan tugas-tugas lainnya yang diberikan kepada mahasiswa calon guru dengan sistem bertahap terpadu yang berlandaskan kemitraan agar mereka mampu memperagakan sikap, pengetahuan, dan Keterampilan keguruan dalam situasi nyata yang berlaku dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved