Siswa SDK Nageoga Ikut Pantau Jentik Nyamuk, Ini Penjelasan Kapus Boawae

Sejumlah siswa Sekolah Dasar Katolik (SDK) Nageoga di Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo mengikuti kegiatan Usaha Kesehatan

Siswa SDK Nageoga Ikut Pantau Jentik Nyamuk, Ini Penjelasan Kapus Boawae
POS KUPANG/ISTIMEWA
Siswa SDK Nageoga saat didamping petugas kesehatan pantau jentik Nyamuk di SDK Nageoga Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo, Sabtu (18/1/2020). 

Siswa SDK Nageoga Ikut Pantau Jentik Nyamuk, Ini Penjelasan Kapus Boawae

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Sejumlah siswa Sekolah Dasar Katolik (SDK) Nageoga di Kecamatan Boawae Kabupaten Nagekeo mengikuti kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Kegiatan UKS itu didampingi langsung oleh petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Boawae. Anak-anak diberikan sosialisasi tentang kesehatan dan materi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Anak-anak juga diikut sertakan untuk memantau jentik nyamuk yang dibimbing langsung oleh para tenaga kesehatan.

Kepala Puskesmas Boawae, Wilfrida Daeni, menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan upaya Puskesmas Boawae untuk menyampaikan pesan secara langsung kepada siswa usia sekolah agar memiliki pengetahuan tentang penting menjaga kesehatan.

"Sementara kami laksanakan secara tim terpadu untuk pencegahan DBD. Tim terpadu itu diantaranya, petugas kesling, pemberantasan penyakit, Promkes. Kalau disekolah dengan murid-dan guru-guru, ini kegiatan disekolah hari ini," ujar Daeni, kepada POS-KUPANG.COM, Senin (20/1/2020).

Daeni menjelaskan pihaknya rutin melaksanakan kegiatan disekolah-sekolah seperti kegiatan pembinaan UKS yaitu penyuluhan PHBS sekolah, pemantauan jentik nyamuk dan monitoring UKS di sekolah-sekolah.

Kata Daeni, siswa sekolah didampingi petugas kesehatan memantau jentik di bak air, diban-ban bekas dan kompleks sekolah.

"Dalam bulan Januari, Februari ini kami jalankan ke sekolah-sekolah. kami sudah jalankan sekolah keempat Sabtu kemarin," papar Daeni.

Lapas Ende Tampung 22 Orang Koruptor

Diduga Aniaya Mahasiswa, Anggota Satlantas Polres Kupang Dilaporkan Ke Propam Polda NTT

Daeni mengaku sampai saat ini memang untuk wilayah Puskesmas Boawae tidak ada kasus DBD. Namun tetap waspada dan jangan lupa mengatisipasi lewat tindakan pencegahan.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved