Usulan Marilonga dan Baranuri Jadi Pahlawan Nasional Ditandai Seminar

Usulan agar Marilonga dan Baranuri menjadi pahlawan nasional Republik Indonesia ditandai dengan seminar yang akan diadakan dala

Usulan Marilonga dan Baranuri Jadi Pahlawan Nasional Ditandai Seminar
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ende, Marmi Kusuma 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Usulan agar Marilonga dan Baranuri menjadi pahlawan nasional Republik Indonesia ditandai dengan seminar yang akan diadakan dalam tahun 2020.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Ende, Marmi Kusuma SH mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Minggu (19/1) di Ende.

Marmi mengatakan seminar tersebut menghadirkan para budayawan dan sejarawan juga akademisi maupun pihak keluarga dari Marilonga dan Baranuri maupun dari Kementrian Sosial.

“Pada awalnya dari Kementrian Sosial RI meminta agar seminar digelar di Jakarta namun kami minta agar seminar dilakukan di Ende dan d ari Kementrian Sosial menyetujui digelar di Ende,”kata Marmi.

Marmi mengatakan bahwa seminar akan menghasilkan rekomendasi yang akan dibawa ke Kementrian Sosial RI guna penetapan Marilonga dan Baranuri menjadi pahlawan nasional.

“Kita belum tahu apa rekomendasinya karena seminar saja belum dimulai,”kata Marmi.
Menurut Marmi usulan agar kedua tokoh menjadi pahlawan nasional cukup beralasan karena memang keduanya berjuang melawan penjahan Belanda saat itu di wilayah Kabupaten Ende.

“Kabupaten Ende merupakan bagian intergral dari Republik Indonesia jadi keduanya berjuang mengusir Belanda dari Kabupaten Ende yang adalah bagian dari Republik Indonesia, Jadi sangat beralasan apabila keduanya dijadikan sebagai pahlawan nasional,”kata Marmi.*)

POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
Kadis Sosial Kabupaten Ende, Marmi Kusuma

Area lampiran

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved