Agus Boli Gerakan 2.000 Anggota Pramuka Flores Timur Tanam Pohon di Sember Mata Air

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kabupaten Flores Timur (Flotim), Agustinus Payong Boli, menggerakan 2.000 lebih anggota Pramuka melakukan

Agus Boli Gerakan 2.000 Anggota Pramuka Flores Timur Tanam Pohon di Sember Mata Air
foto/humas setda  flotim
Wakil  Bupati   Flotim, Agus Payong Boli,memimpin  rapat persiapan penanaman  pohon pada sumber mata air di ruang kerja Wabup    di Larantuka,  Flores  Timur,  Jumat  (17/1/2020). 

POS-KUPANG.COM, LARANTUKA--- Ketua Kwartir  Daerah Gerakan Pramuka  Kabupaten Flores Timur (Flotim), Agustinus Payong Boli, menggerakan 2.000  lebih  anggota Pramuka melakukan  penanaman  pohon di seluruh daerah mata air di Flotim dan Gunung Ile Mandiri,  terbakar  tahun  2019.

Penanaman dijadwalkan,  Rabu (22/1/2020)  berlangsung serentak di seluruh  mata air di Flotim, Gunung Ile  Mandiri dan bukit-bukit gundul di Pulau Solor. Jenis anakan  ditanam yakni  5.000  lebih anakan  beringin lima  dan 3.000 lebih  bambu.

Penanaman simbolis dilakukan di  dua  lokasi,  di mata air Bama Blepanawa oleh  Bupati, Antonius Hubertus G.Hadjon, dan   Wabup,   Agustinus Payong Boli,  di Pulau Adonara.

Pada saat bersamaan, 19 camat melakukan penanaman perdana di wilayahnya melibatkan aparat desa dan kecamatan dan  semua anggota Pramuka di  wilayahnya.

“Ini  bagian  dari  tanggungjawab Pramuka, menjaga debet air di semua mata air juga menjaga pantai agar terhindar dari abrasi  dengan menanam pohon bakau dan terumbu karang buatan,” kata  Agus  menghubungi  pos-kupang.com, Sabtu    (18/1/2020).

BREAKING NEWS:  Eksekusi Lahan Aset Pemprov NTT di Kelurahan Manulai II Tertahan, Ini Pemicunya 

Ia   mengatakan, pramuka hadir untuk menggerakan semua elemen di Flotim  termasuk menjaga debet mata air. Karena, lima sampai 10 tahun ke depan sumber air di Flotim bisa kering  dan  kita mengalami kesulitan besar.

"Saya   kelola  Pramuka  menjadi cahaya yang menerangi masyarakat dengan tindakan-tindakan kecil, tetapi berdampak,”ujarnya. (laporan  wartawan pos-kupang.com, eginius mo’a).

Wakil  Bupati   Flotim, Agus Payong Boli,memimpin  rapat persiapan penanaman  pohon pada sumber mata air di ruang kerja Wabup    di Larantuka,  Flores  Timur,  Jumat  (17/1/2020).
Wakil  Bupati   Flotim, Agus Payong Boli,memimpin  rapat persiapan penanaman  pohon pada sumber mata air di ruang kerja Wabup    di Larantuka,  Flores  Timur,  Jumat  (17/1/2020). (foto/humas setda  flotim)
Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved