TRIBUN WIKI: Bukit Watuhadang, Sumba Timur Tawarkan Keindahan Lembah dan Bukit Padang Savana

TRIBUN WIKI: Bukit Watuhadang, Sumba Timur tawarkan keindahan lembah dan bukit padang savana

TRIBUN WIKI: Bukit Watuhadang, Sumba Timur Tawarkan Keindahan Lembah dan Bukit Padang Savana
ISTIMEWA
Pengunjung sedang memenikmati keindahan di atas bukit Watuhadang 

TRIBUN WIKI: Bukit Watuhadang, Sumba Timur tawarkan keindahan lembah dan bukit padang savana

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Pulau Sumba yang terletak di bagian selatan Propinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT), Indonesia memang layak dijuluki salah satu pulau terindah dari 33 Pulau yang ada di Dunia oleh majalah Focus Jerman.

Sebab Pulau Sumba memiliki alam yang eksotik dan banyak menyimpan tempat-tempat wisata yang indah dan menakjubkan. Salah satu keindahan yang banyak tersimpan adalah keindahan alam berupa lembah dan bukit padang Savana.

BUMDes Lakmaras Kembangkan Usaha Kopi Bubuk

Selain terkenal dengan bukit Wairinding, bukit Hiliwuku, bukit Mondu, bukit Tenau, bukit Persaudaraan yang ada di Sumba Timur, salah satu bukit yang juga menawarkan keindahan lembah dan bukit dibaluti padang rumput savana adalah bukit Watuhadang.

Bukit Watuhadang ini terletak di Desa Watuhadang, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur. Bukit ini boleh dibilang surga kecil yang masih tersembunyi di timur Pulau Sumba.

Bupati Deno: Sumber Air di Manggarai Tetap Ada Bagi Pelayanan Air Bersih Warga, Ini Faktanya

Betapa tidak, bukit ini jarang sekali dikunjungi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dari puncak bukit imi sangat cocok untuk tempat anda melepaskan penat dengan bersantai ria dan berfoto-foto bersama keluarga, sahabat atau kekasih anda.

Selain menawarkan keindahan bukit-bukit kecil yang dibaluti padang savana yang indah, juga dari puncak bukit ini anda bisa menyaksikan aktifitas warga menggarap kebun ladang dan sawah di bawa lembah bukit. Rumah perkampungan penduduk, pohon lontar dan derertan pohon nyiur melambai-lambai di balik lembah bukit itu semakin menghipnotiskan mata anda.

Untuk sampai ke bukit ini memakan waktu sekitar 2 jam lamanya dari Kota Waingapu dengan jarak yang anda tempuh sekitar 62 Kilometer. Jika anda dari Kota Waingapu pusat Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur anda mengikuti jalur jalan Nasional Waingapu-Melolo.

Jalur yang anda lalui ini cukup mulus seperti jalan tol dengan topografi yang tidak ekstrim. Namun anda perlu hati-hati saat berkendara melintasi jalan ini karena banyak ternak peliharaan warga menyeberangi jalan ini terlebih pada waktu pagi dan sore hari.

Jika sudah sampai di Melolo pusat ibu Kota Kecamatan Umalulu anda mengikuti jalur jalan menuju Desa Watupada Desa ini bersebelajan dengan Desa Watuhadang. Sekitar 1 Kilometer anda lalui anda sudah bisa menemukan spot yang anda impikan ini.

Ya lokasi ini belum tersediah warung, rumah makan apalagi cafe dan restoran, sehingga disarankan anda untuk membawa bekal secukupnya dan sesuai makanan kesukaan anda. Di lokasi ini juga belum ada tempat penginapan seperti home stay, vila apalagi hotel, sehingga anda disarankan untuk bisa kembali ke Waingapu atau ke Melolo untuk menginap.

Selamat memenikmati indahnya Puncak bukit Watuhadang. (Laporan Reporter Pos- Kupang.Com, Robertus Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved