Bupati Tahun Pimpin Apel Kesiapan Penanganan Bencana

Bupati TTS, Egusem Piether Tahun, Sabtu (11/1/2020) memimpin apel kesiapan penanganan bencana tahun 2020 bertempat di lapangan hitam Pol

Bupati Tahun Pimpin Apel Kesiapan Penanganan Bencana
istimewa
Bupati Tahun bersama Kapolres TTS, Kejari TTS dan Wabup TTS sedang melihat peralatan penanganan bencana alam 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Dion Kot

POSKUPANG.COM, SOE -Bupati TTS, Egusem Piether Tahun, Sabtu (11/1/2020) memimpin apel kesiapan penanganan bencana tahun 2020 bertempat di lapangan hitam Polres TTS. Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres TTS AKBP Ariasandy S.I.K, Wakil Bupati TTS Jhony Army Konay,SH,

Kejari Kab. TTS, Fachrizal ,SH, Wakil Ketua DPRD TTS, Religius Usfunan, SH, Pasi Ops Kodim 1621 TTS Kapten inf Syarif Rahman beserta anggota kodim 1621 TTS, perwakilan dari Pengadilan Negeri Soe, Perwakilan dari pol PP bersama anggota, Ketua K2S bersama anggota, Senkom, BPBD kabupaten TTS, tokoh agama, Ormas pemuda IPSS, beserta para perwira dan anggota polres TTS.

Dalam amanatnya, Bupati Tahun mengatakan, mencermati perubahan cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari belakangan, maka perlu disiapkan personil dan peralatan untuk melaksanakan siaga bencana. Keterlibatan unsur TNI-POLRI dan ormas dalam kesiagaan bencana menjadi penting guna meminimalisir dalam dari bencana alam yang terjadi.

IRAN Akui Tembak Pesawat Ukraina Namun Sebut Amerika Penyebab Bencana, Simak Beritanya

Memasuki musim penghujan, potensi bencana banjir, tanah longsor dan angin kencang bisa kapan saja terjadi di kabupaten TTS. Oleh sebab itu, perlu adanya kesiapan personil dan peralatan guna mengantisipasi bencana alam yang terjadi.

Perempuan Ini Tewas Saat Coba Selamatkan Anak Saat Kebakaran, Lihat Kronologi

" Dalam apel hari ini kita ini mengecek kesiapan personil dan peralatan, baik yang dimiliki Pemda TTS dan juga TNI-POLRI dalam mengantisipasi bencana terjadinya bencana alam. Kita juga melakukan koordinasi agar kedepan dalam penanganan bencana bisa terkoordinasi dengan baik," ungkap Bupati Tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tahun meminta dukungan semua komponen untuk memberikan bantuan secara cepat dan tepat apa bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

Antara Persib Bandung atau Arema FC, Pemain Terbaik Liga 1 2019 Renan da Silva Pilih?

Dirinya juga memberikan himbauan kepada masyarakat Kabupaten TTS guna mengantisipasi dampak bencana. Pertama, masyarakat dihimbau tidak berpergian saat sedang hujan dan angin kencang. Kedua, saat hujan deras, masyarakat dihimbau tidak berteduh dibawa pohon besar.

Ketiga, masyarakat dihimbau tidak menggunakan handphone saat hujan disertai petir. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah sambaran petir.

Ke empat, masyarakat dihimbau untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di saluran air karena bisa menyebabkan saluran air tersumbat. Kelima, apa bila terjadi bencana alam, masyarakat dihimbau untuk segera melaporkan peristiwa tersebut kepada pemerintah setempat.

" Jika ada bencana segera koordinasi dengan pemerintah setempat agar selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke tingkat Kabupaten. Sehingga tim dari Kabupaten bisa turun untuk melakukan penanganan," pinta Bupati Tahun. (din)

Bupati Tahun bersama Kapolres TTS, Kejari TTS dan Wabup TTS sedang melihat peralatan penanganan bencana alam
Bupati Tahun bersama Kapolres TTS, Kejari TTS dan Wabup TTS sedang melihat peralatan penanganan bencana alam (istimewa)
Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved