Ketua BPS NTT : Jadilah yang Pertama Pendaftaran SP Online Tahun Ini

Bila 10 tahun yang lalu data diambil oleh petugas pencatata data dari rumah ke rumah, tahun 2020 ini masyarakat diajak untuk mengisi

Ketua BPS NTT : Jadilah yang Pertama Pendaftaran SP Online Tahun Ini
POS KUPANG/YENI RACHMAWATI
Darwis Sitorus

Ketua BPS NTT : Jadilah yang Pertama Pendaftaran SP Online Tahun Ini

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Tahun ini Badan Pusat Statistik bertransformasi dalam pengambilan data sensus penduduk. Bila 10 tahun yang lalu data diambil oleh petugas pencatata data dari rumah ke rumah, tahun 2020 ini masyarakat diajak untuk mengisi sendiri Sensus Penduduk secara online.

Kepala BPS NTT, Darwis Sitorus, kepada POS-KUPANG.COM, di Kupang, Jumat (3/1/2020), mengajak masyarakat NTT khususnya awak media untuk menjadi yang pertama dalam melakukan pencatatan data melalui SP Online mulai (15/2/2020) hingga (31/3/2020).

"Jadi masyarakat NTT bisa meng-update datanya sendiri melalui smartphone yang dimiliki dimana saja dan kapan saja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan BPS," tuturnya.

Kata Dawis untuk itu BPS NTT tengah gebcar melakukan sosialisasi sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini. "Kami sudah berupaya meningkatkan sosialisasinya agar semua masyarakat bisa mengisi sendiri secara mandiri datanya, hanya dengn mengupdate data-datanya di alamat website sensus.bps.go.id," terangnya.

SP tahun ini akan menggunakan metode kombinasi dengab menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus yang kemudian dilengkapi dengan sampel survei. Pelaksanaan SP 20202 dengan metode tersebut menggunakan datang dukcapil sebagau preslist lapangan.

MENAKUTKAN, 7 Ekor Ular Masuk Rumah Mewah Roy Marten Usai Banjir, Ini Reaksi Ayah Gading Marten

Liburan ke Jepang, Ashanty Panik Rumah Mewahnya Kena Banjir, Reaksi Istri Anang Jadi Sorotan

Selain SP Online, lanjutnya, ada pula srnsus penduduk dalam bentuk wawancara dengan menggunakan gadget atau kuisioner pada (1-31/7/2020). Data yang dikumpulkan berupa variabel individu, pekerjaan dan perumahan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved