Keracunan Makanan di OeEkam TTS

Sepanjang Tahun 2019, TTS Mengalami 9 Kasus Keracunanan Makanan Dengan 4 Korban Meninggal

perjalanan menuju Puskesmas Kualin dan satu korban meninggal saat menjalani pengobatan di Puskesmas Panite.

Sepanjang Tahun 2019, TTS Mengalami 9 Kasus Keracunanan Makanan Dengan 4 Korban Meninggal
POS KUPANG/DION KOTA
Nampak para korban keracunan makanan sementara dirawat di Posko penanganan kasus dugaan, Rabu (1/1/2020) pagi 

Sepanjang Tahun 2019, TTS Mengalami 9 Kasus Keracunanan Makanan Dengan 4 Korban Meninggal

POS-KUPANG.COM| SOE -- Sepanjang tahun 2019, Januari hingga 31 Desember 2019, Kabupaten TTS dilanda sembilan kasus keracunan pangan massal. Dari sembilan kasus tersebut, tercatat 379 warga TTS menjadi korban keracunan. Dua kasus keracunan makanan di antaranya bahkan sampai menelan korban jiwa.

Sebanyak empat orang tercatat meninggal akibat keracunan massal. Dimana, tiga korban meninggal dalam perjalanan menuju Puskesmas Kualin dan satu korban meninggal saat menjalani pengobatan di Puskesmas Panite.

Kasus keracunanan pertama terjadi di Kelurahan Kobekamusa, Kecamatan Kota Soe, Sabtu (27/4/2019) saat acara pesta syukuran ulang tahun dengan 24 korban. Beruntung dalam kasus ini tidak ada korban jiwa. Usai menjalani pengobatan di RSUD Soe dan Posko Penanganan Keracunanan, para korban berangsur-angsur pulih dan diijinkan pulang.

Kasus keracunan kedua terjadi di Desa Oni, Kecamatan Kualin, Kamis (26/9/2019). Sebanyak enam orang menjadi korban keracunan usai menyantap ikan buntal. Dimana tiga korban di antaranya atas nama Nance Kase (43), Erni Kase (17) dan Rolan Banamtuan (1) harus kehilangan nyawanya.

Kasus keracunan ketiga terjadi pada Sabtu (12/10/2019) di Desa Sei. Korban keracunan mencapai angka 145 orang yang dirawat di dua puskesmas berbeda, yaitu Puskesmas Sei dan Puskesmas Panite. Dari 145 korban keracunan makanan, satu korban di antaranya meninggal dunia atas nama Elias Asbanu di Puskesmas Panite.

Kasus keracunan ke empat, terjadi di Kota Soe, Minggu (13/10/2019). Sebanyak 14 orang menjadi korban keracunan usai menyantap bubur ayam. Beruntung, usai dirawat selama dua hari di RSUD Soe seluruh pasien dinyatakan sembuh.

Kasus keracunan yang ke lima terjadi di Desa Oe'ekam, Kecamatan Noebeba pada Sabtu (30/11/2019) saat acara pesta pinangan. Korban keracunan mencapai 115 orang yang dirawat di dua tempat berbeda yaitu, Puskesmas Panite dan Pustu Desa Oe'ekam

. Beruntung, usai mendapatkan perawatan medis, seluruh korban keracunan dinyatakan sembuh dan diijinkan pulang.

Kasus keracunan ke enam di tahun 2019, terjadi di Desa Pollo, Kecamatan Amanuban Selatan, Jumat (6/12/2019). Sebanyak enam orang menjadi korban keracunan makanan usai menyantap biskuit. Empat korban hingga kini masih dirawat di Puskesmas Panite sedangkan dua korban lainnya sudah diijinkan pulang.

Halaman
12
Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved