Melki Laka Lena Hadiri Penyerahan Santunan BPJS Ketenagakerjaan di Desa Bolok

penyerahan santunan program jaminan kematian bagi dua ahli waris BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Desa Bolok,

Melki Laka Lena Hadiri Penyerahan Santunan BPJS Ketenagakerjaan di Desa Bolok
POS KUPANG/LAUS MARKUS GOTI
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena menyerahkan santunan Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Desa Bolok, Kabupaten Kupang, Senin (30/12/2019). 

Melki Laka Lena Hadiri Penyerahan Santunan BPJS Ketenagakerjaan di Desa Bolok

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena menghadiri penyerahan santunan program jaminan kematian bagi dua ahli waris BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Desa Bolok, Kabupaten Kupang, Senin (30/12/2019).

Selain pihak BPJS Ketenagakerjaan Cabang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Melki hadir pula Kepala Desa Bolok Yezkial Tabun dan dua ahli waris penerima santunan.

Kepada ahli waris yang menerima santunan, Melki berpesan agar santunan yang masing-masing senilai 24 juta rupiah tersebut digunakan secara baik untuk berbagai kebutuhan demi keberlangsungan hidup mereka.

Komisi IV DPR RI yang salah satu lingkup kerjanya pada bidang ketenagakerjaan, kata Melki, berjuang, agar lebih banyak lagi masyarakat pekerja terutama di Nusa Tenggara Timur yang dilindungi Program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Desa Bolok, Yezkial Tabun, kepada POS-KUPANG.COM mengatakan sebagai Kepala Desa ia berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Dia berharap dengan penyerahan santunan tersebut masyarakat semakin sadar betapa pentinya dan akan ada banyak manfaat yang akan mereka terima jika dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Lanjutnya, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. Menurutnya, sosialisasi yang selama ini mereka lakukan ketika ada hajatan seperti saat pesta, kematian dan sebagainya.

Dia katakan, sejauh ini ada empat warga yang menerima santunan jaminan kematian BPJS Ketenagakerjaan. Menurutnya, sejak dicanangkan Desa Bolok sebagai Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan pada 2018 lalu, sudah terdapat 100 lebih masyarakat pekerja yang terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan.

"Tentu kami akan terus mendorong agar lebih banyak lagi masyarakat pekerja yang dilindungi BPJS Ketenagakerjaan apalagi kita ketahui bersama bahwa Desa Bolok ini merupakan kawasan industri yang tentunya menyerap banyak tenaga kerja," ungkapnya.

Sementara itu Ardi Nugraha Harahap selaku Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTT kepada POS-KUPANG.COM sejak 2 Desember 2019 diberlakukan ketentuan yang baru, di mana ada kenaikan manfaat untuk program jaminan kecelakaan kerja dan kematian kepada para pelanggan BPJS Ketenagakerjaan.

"Ini kado spesial tentunya bagi pelanggan BPJS Ketenagakerjaan di mana ada kenaikan manfaat tetapi iurannya tetap," ungkapnya.

Menurutnya, kenaikan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian tersebut tertuang Perpres Nomor 82 Tahun 2019 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Di jelaskan kenaikan tersebut signifikan terutama pada beasiswa bagi bagi anak yang sebelumnya 12 juta untuk satu orang anak, dinaikkan untuk dua orang anak, untuk pendidikan dari TK hingga Sarjana. Totalnya mencapai 174 juta rupiah.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved