Kades Di Ende Diminta Transparan Soal Dana Desa

Kepala desa harus transparan dalam menggunakan dana desa dan mendorong peran serta masyarakat untuk sama-sama mengawal penggunaan dana desa.

Kades Di Ende Diminta Transparan Soal Dana Desa
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Bupati Ende, Drs Djafar Achmad Saat Membacakan Jawaban Pemerintah, Kamis (22/11/2019). 

Kades Di Ende Diminta Transparan Soal Dana Desa

POS-KUPANG.COM|ENDE--Kepala desa harus transparan dalam menggunakan dana desa dan mendorong peran serta masyarakat untuk sama-sama mengawal penggunaan dana desa.

Bupati Ende, Drs Djafar Achmad mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Minggu (29/12/2019) ketika dikonfirmasi terkait dengan penggunaan dana desa oleh kepala desa yang baru dilantik pekan lalu.

Bupati Djafar mengatakan bahwa dana desa yang digulirkan pemerintah dengan satu tujuan untuk kemajuan desa.

“Prinsip dasar pemanfaatan dana desa adalah untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang muara akhirnya pada peningkataan Sumber Daya Manusia dan kesejahteraan rakyat,”kata Bupati Djafar.

Bupati Djafar meminta kepada para kepala desa agar memahami regulasi-regulasi khususnya regulasi yang berkaitan dengan anggaran dan menjadi pijakan dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Desa.

Dikatakan ketika regulasi ini dipahami sungguh kemudian diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas maka semua tugas dan pelayanan akan berjalan sesuai koridor yang berlaku”.

Buatkan perencanaan pembangunan berdasarkan apa yang dibutuhkan masyarakat bukan berdasarkan keinginan dan tentunya perencanaan yang dibuat disesuaikan dengan kareteristik desa serta kapasitas anggarannya.

Apabila hal ini dilaksanakan secara sungguh maka sangat dipastikan pembangunan akan membawa manfaat yang tepat bagi masyarakat,ujar Bupati Djafar.

Bupati Djafar mengatakan tugas para kades setelah dilantik bersama dengan perangkat desa untuk segera membuat atau menyelesaikan RPJM-des sesuai dengan visi-misi dan Peraturan desa RKP-des dan APB-des Tahun 20120.

Bupati Djafar meminta kepada para kepala desa agar menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Terminal Baru Bandara El Tari Kupang Bisa Tampung 3 Penumpang

Dulu Habis-habisan Bela Prabowo, Kini Ahmad Dhani Larang Ungkit masalah dengan Jokowi, Ini Alasannya

“ Inilah bentuk kepercayaan yang tidak semua orang miliki. Oleh karena itu dedikasikan semua kemampuan yang dimiliki dalam semangat perubahan,”kata Bupati Djafar.(Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved