Tips Untuk Aman Berkendara Saat Malam Hari

Akhir tahun biasanya jadi momen orang-orang untuk pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadi dan banyak yang memilih malam hari. Ini tips amannya

Tips Untuk Aman Berkendara Saat Malam Hari
KOMPAS.com
Ilustrasi setir mobil 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Akhir tahun seperti ini biasanya jadi momen yang dipakai orang-orang untuk pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadi.

Tak jarang sebagian dari mereka melakukan perjalanan pada malam hari. Ada beberapa alasan kenapa orang lebih memilih melakukan perjalanan pada malam hari, mulai dari menghindari macet, hingga cuaca yang tidak panas.

Meski begitu perjalanan malam hari sebetulnya kurang disarankan. Hal ini dikatakan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting ( JDDC) Jusri Pulubuhu kepada Kompas.com belum lama ini.

"Mungkin banyak yang memilih pada malam hari karena tidak macet dan tidak panas, namun kondisi badan pasti tidak mendukung," ujar Jusri.

Kecelakaan Sering Terjadi Malam Hari, Waspada Lima Hal ini Saat Berkendara

Menurutnya, saat malam hari kondisi badan seharusnya telah memasuki fase istirahat. Namun karena kita sedang berkendara, badan pun dipaksa tetap fit untuk mendukung aktifitas kita.

"Ini akan berpengaruh terhadap konsentrasi mengemudi, mengantuk pasti tidak dapat dihindari, terlebih jika perjalanan dilakukan mulai tengah malam. Akan sangat berbahaya bagi keselamatan pengemudi," kata Jusri.

Walau demikian, Jusri memberikan sedikit tips bagi Anda yang akan melakukan perjalanan pada malam hari.

Ketua RT 24 Keluraha Kuanino: Penyebab Kebakaran di Asrama Tentara Belum Diketahu

"Kalau memang harus jalan malam-malam, lakukan persiapan dengan istirahat tidur siang yang cukup, hal ini membantu badan agar lebih segar pada malam hari. Syukur-syukur ada teman yang bisa ikut bergantian nyetir," ucapnya.

Selain kondisi badan yang fit, Jusri juga mengingatkan para pengemudi untuk menyiapkan kendaraan semaksimal mungkin. Jangan sampai kendaraan bermasalah, karena saat malam hari agak sulit menemukan bengkel yang buka 24 jam. (kompas.com)

Editor: Hermina Pello
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved